Suara Generasi Milenial untuk Hari Pancasila

Nadila mengimbau jangan hanya pencitraan dengan mengunggah hal berbau Pancasila di media sosial, tetapi juga bisa menerapkannya.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 31 Mei 2017, 12:22 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2017, 12:22 WIB
Intip Persiapan Upacara Hari Lahir Pancasila di Gedung Pancasila
Seorang pekerja menyiapkan hiasan di dalam Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa (30/5). Persiapan dilakukan untuk menyambut Hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2017 nanti. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang peringatan Hari Lahir Pancasila, sejumlah suara dari generasi milenial sepakat bahwa 1 Juni haruslah dimaknai lebih dari sekadar peringatan.

Aloysius Anandyo Pambudi, mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) mengatakan, hari kelahiran Pancasila sepatutnya dijadikan momentum untuk memperlihatkan bahwa lima sila Pancasila masih relevan bagi kehidupan berbangsa dan bertanah air Indonesia saat ini.

"Karena ini momentum, Pancasila sebagai ideologi yang merangkul keberagaman kita," kata pria yang berkuliah jurusan fisipol ini, Selasa 30 Mei 2017.

Pria yang akrab disapa Aloy ini pun mengaku sepaham dengan slogan yang dipopulerkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yakni "Saya Indonesia, Saya Pancasila".

"Cara (Presiden Jokowi) tersebut saya pikir cukup efektif menanamkan di benak kita, bahwa kita Pancasila. Karena banyak masyarakat yang mungkin tidak paham dengan Pancasila dan hanya tahu sebagai simbol," ujar Aloy.

Nadila Nurwijayantri, mahasiswi Universitas Bakrie juga sepakat dengan kampanye Pancasila lewat media sosial.

"Lebih menyerap, karena media sosial itu cara yang paling kekinian," ujar wanita yang berkuliah di jurusan ilmu komunikasi ini.

Aloy maupun Nadila berpesan agar Hari Pancasila tidak hanya dilihat sebagai simbol, tetapi juga dapat diartikan sebagai cerminan akan keberagaman Indonesia.

"Jadi jangan cuma pencitraan dengan upload berbau Pancasila di media sosial, tapi juga bisa menerapkannya," kata Nadila.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya