Ini Titik-Titik Kemacetan saat Arus Balik Lebaran

Kemacetan arus balik terjadi sebelum Tol Cikampek menuju arah Jakarta.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 30 Jun 2017, 15:25 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2017, 15:25 WIB
Petugas Polisi Berjaga Di Titik Titik Macet Tol Cipali
Petugas kepolisian mengatur lalu lintas di jalur arah Jakarta Tol Cipali, Jawa Barat, Kamis (29/6). Sejumlah kepolisian disiagakan untuk mengatur lalu lintas di Tol Cipali yang semakin padat oleh pemudik arus balik. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus balik terjadi pada hari ini. Dari pantauan Kemenhub, ada beberapa titik yang terpantau padat.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo menerangkan, berdasarkan pantauan di Posko Terpadu Angkutan Lebaran Kemenhub pada pukul 11.50 WIB sejumlah titik terpantau lancar.

"Kalau kita melihat pergerakan lalu lintas untuk arus balik ini, hasil pantauan kami dari Tol Cikampek, Cipularang, Merak relatif lancar. Demikian pula di daerah Nagreg yang kemarin cukup padat hari ini lancar. Ini posisi berita jam 11.50 WIB," kata dia di Jakarta, Jumat (30/6/2017).

Namun begitu, dia menuturkan, kemacetan terjadi sebelum Tol Cikampek menuju arah Jakarta. Kemacetan terjadi di rest area KM 103 dan mengular sampai KM 115.

"Ada kemacetannya justru sebelum Tol Cikampek yaitu di Tol Cipali. Rest area 103 antrean ke belakang sampai 115. Kira-kira 12 km," ujar dia.

Kemacetan juga terjadi di rest area KM 130 mengular sampai KM 145. Panjang kemacetan mencapai 15 km.

Sebab itu, Sugihardjo mengimbau masyarakat untuk menggunakan rest area seperlunya. Paling banyak rest area digunakan sampai waktu 1 jam.

"Pertama bagi masyarakat yang sudah berada di rest area gunakanlah secukupnya paling banyak 1 jam saya pikir lebih dari cukup. Karena untuk ketentuan istirahat 30 menit-1 jam buat makan dan sebagainya. Masih ada pengguna lain membutuhkan," ujar dia.

Kemudian, dia juga meminta masyarakat antre dengan tertib saat masuk di rest area. Sehingga, tidak menimbulkan kemacetan panjang.

"Selanjutnya bagi masyarakat yang belum memasuki rest area tolong perhatikan jangan sampai anda mengantre tapi mem-block jalan. Ikuti anjuran petugas kalau diminta melanjutkan perjalanan pada rest area berikutnya. Ini potret yang kami lihat di lalu lintas untuk jalan," tandas dia.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya