Pandangan Para Tokoh Penting di Kongres Diaspora Indonesia 2017

Diaspora Indonesia, atau Warga Negara Indonesia yang tinggal di luar negeri berjumlah sekitar 8 juta orang.

oleh herlan.primasto diperbarui 05 Jul 2017, 07:18 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2017, 07:18 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Diaspora Indonesia, atau Warga Negara Indonesia yang tinggal di luar negeri, berjumlah sekitar 8 juta orang.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (5/7/2017), peran mereka sangat besar, dari TKI saja telah 130 triliun per tahun disumbangkan. Belum lagi dari kelas menengah, kalangan profesional yang banyak bekerja di perusahaan internasional.

Empat ribuan orang berkumpul di Konggres ke-4 Diaspora Indonesia pekan lalu di Jakarta. Presiden Amerika ke-44 Barack Obama pun ikut memberikan pidato yang antara lain meminta agar generasi muda diberikan peran serta aktif untuk mengisi pembangunan. Inilah yang juga ditekankan Sehat Sutardja, salah satu diaspora yang tinggal di Silicon Valley Amerika Serikat yang memiliki lebih dari 440 paten dalam bidang elektronik.

Selain jumlah yang sudah mencapai 8 juta orang, diaspora juga memberikan kontribusi pendapatan negara yang besar. Dari 2 juta TKI saja telah menyumbang 130 triliun per tahun. Selebihnya adalah kalangan profesional dan universitas yang bisa berkontribusi dalam bidangnya masing-masing. Beragam skill dari para diaspora ini adalah harta karun yang harus dimanfaatkan pemerintah.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya