Jelang Idul Adha, Ada Jasa Pemandian Sapi Kurban di Boyolali

Pemandian sapi ini tiap harinya bisa didatangi 30 ekor hingga sekitar 60 ekor sapi.

oleh Rinaldo diperbarui 22 Agu 2017, 18:12 WIB
Diterbitkan 22 Agu 2017, 18:12 WIB

 

Liputan6.com, Boyolali - Untuk meningkatkan harga jual hewan kurban, para pemiliknya berbondong-bondong membawa sapi mereka ke tempat pemandian khusus sapi di Boyolali, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Selasa (22/8/2017), sapi dibersihkan di tempat khusus untuk membersihkan sapi, yang terletak di luar sisi utara Pasar Hewan Boyolali.

Sejak 2 pekan menjelang Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban, pemandian sapi ini tiap harinya bisa didatangi 30 ekor hingga sekitar 60 ekor sapi. Untuk sekali dimandikan, biayanya Rp 10 ribu hingga 12 ribu per ekor.

Cara membersihkannya sebetulnya biasa saja, cukup digosok menggunakan sabun. Tapi dikerjakan dengan seksama sehingga begitu selesai dimandikan, sang sapi akan terlihat bersih mengkilat. Membuat harga jualnya pun meningkat bisa sampai Rp 300 ribu.

Sementara itu, mengantisipasi pencurian hewan kurban, jajaran petugas Polsek Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat, melakukan patroli ke tempat penjualan hewan. Selain berpatroli, polisi juga meminta para pedagang untuk segera menghubungi polisi bila ada hal mencurigakan.

Diperketatnya pengamanan ini juga mengingat serbuan para pedagang hewan kurban dari berbagai daerah di Tasikmalaya, menjelang Hari Raya Idul Adha. Banyak dari pedagang tersebut yang menempati lahan kosong di pinggir jalan. Hal ini dipandang rawan pencurian hewan kurban.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya