Libur Natal, Obyek Wisata Lembang Macet 10 Kilometer

Untuk mengatasi kemacetan, kepolisian Satlantas Polres Cimahi memberlakukan lebih dari lima kali rekayasa arus dengan sistem buka tutup.

oleh Rinaldo diperbarui 25 Des 2017, 19:36 WIB
Diterbitkan 25 Des 2017, 19:36 WIB

Fokus, Bandung - Libur sekolah yang berbarengan dengan libur Natal dan Tahun Baru 2018 membuat jalan menuju sejumlah obyek wisata macet parah. Seperti di Gunungkidul, Yogyakarta dan kawasan wisata Lembang, Bandung, Jawa Barat. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (25/12/2017), di simpang panorama, Bandung Barat didominasi kendaraan pribadi dan bus pariwisata yang bergerak menuju sejumlah obyek wisata hingga mencapai 10 kilometer. Antara lain Maribaya, Gunung Tangkuban Perahu, hutan pinus hingga floating market

Untu mengatasi kemacetan, aparat kepolisian Satlantas Polres Cimahi memberlakukan lebih dari lima kali rekayasa arus dengan sistem buka tutup atau one way. Kendaraan dari arah Bandung didahulukan bergerak menuju Tangkuban Perahu ke arah Subang selama 10 menit sekali. 

Diperkirakan kunjungan wisatawan dari luar kota terus meningkat seiring dengan masa libur sekolah yang cukup panjang. Selain volume kendaraan tinggi, sempitnya ruas jalan utama di kawasan Lembang dengan kontur berkelok menjadi faktor penghambat laju kendaraan. 

Di kawasan wisata Gunungkidul, salah satu penyebab kemacetan karena akses menuju obyek wisata yang hanya ada satu ruas jalan. Selain kendaraan pribadi, bus berukuran besar juga mendominasi jalanan. 

Seperti di ruas jalan Desa Sidorejo, Kecamatan Tepus. Sempitnya ruas jalan membuat bus yang melewati tikungan harus melaju bergantian secara perlahan. Dalam kondisi normal perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta ke kawasan Pantai Gunungkidul bisa ditempuh dalam 2 jam. Namun, saat liburan seperti ini waktu tempuh bisa mencapai 4 jam.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya