Di Depan Jokowi, Bamsoet Janji RKUHP Kelar 17 Agustus 2018

Hal itu diungkapkan Bamsoet saat Presiden Jokowi buka bersama dengan pimpinan DPR.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Mei 2018, 20:11 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2018, 20:11 WIB
KPK Luncurkan Buku Foto Perjalan Selama 14 Tahun Berantas Korupsi
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memberi sambutan saat peluncuran buku "14 Tahun Perjalanan KPK" di Gedung KPK, Jakarta (23/5). Buku tersebut berisi kumpulan foto yang direkam oleh jurnalis foto dan juga humas KPK. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) berjanji akan menyelesaikan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) menjadi UU saat HUT RI ke 73 pada 17 Agustus 2018. Dia menyebut UU KUHP bisa menjadi kado ulang tahun Indonesia.

"Kita targetkan untuk memberikan hadiah kepada bangsa ini di tepat HUT RI nanti kita selesaikan ini dengan baik," kata Bamsoet dalam sambutannya saat buka puasa bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Bamsoet berharap Indonesia memiliki panduan hukum dengan KUHP baru. Pembahasan RUU KUHP terakhir kali dilakukan pada bulan lalu.

Sebelum menyampaikan target pembahasan RUU KUHP, Bamsoet terlebih dulu melaporkan soal kinerja DPR yang telah mengesahkan UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme (UU Antiterorisme).

"Sebagaimana diketahui DPR baru saja mengesahkan RUU antiterorisme menjadi sebuah UU. Kendati RUU itu tak selesai 2 tahun, alhamdulillah setelah pimpinan pansus turun dan kerja keras dengan pemerintah, akhirnya dalam waktu 5 hari pembahasan alot RUU bisa diselesaikan," papar Bamsoet.

Diketahui, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Kedatangan Kepala Negara disambut langsung oleh Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, dan Agus Hermanto.

Hadir sejumlah menteri dan kepala lembaga, di antaranya Menteri Sosial Idrus Marham, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPD Nono Sampono, Ketua BKSAP DPR Nurhayati Ali Assegaf, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo, Ketua MA Hatta Ali, Ketua MK Anwar Usman, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Ketua KPU Arief Budiman.

Dari kalangan petinggi partai politik, turut hadir Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhi Baskoro Yudhoyono. Hadir juga Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

 

Reporter: Renald Ghiffari

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya