Wagub DKI Anggap Protokol Kesehatan di Mal Lebih Baik Dibanding Tempat Umum Lain

Riza menuturkan, ketaatan dan pencegahan penularan Covid-19 di mal tercermin atas kesiapan seluruh tenant di mal

oleh Ika Defianti diperbarui 27 Jul 2020, 17:26 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2020, 17:26 WIB
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19.
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza menilai protokol kesehatan di mal sudah cukup baik, kendati masih ditemukannya kasus konfirmasi positif Covid-19.

Hal ini terjadi pada toko Christian Dior di Plaza Senayan yang menutup operasionalnya sementara waktu karena adanya kasus konfirmasi.

"Sesungguhnya di mal termasuk tempat yang cukup baik karena di mal, protokol kesehatan lebih baik daripada di unit-unit lainnya," ujar Riza, Senin (27/7/2020).

Riza menuturkan, ketaatan dan pencegahan penularan Covid-19 di mal tercermin atas kesiapan seluruh tenant di mal menyediakan wastafel di tiap sudut, menyediakan QR code sebagai transaksi alternatif untuk mengurangi kontak langsung antara pengunjung dan karyawan tenant.

Ketaatan protokol kesehatan dikatakan Riza juga terlihat dari adanya pakta integritas setiap tenant untuk menerapkan protokol kesehatan.

Saat disinggung mengenai potensi mal sebagai klaster penularan virus Corona, Riza menegaskan pihaknya akan terus melakukan pelacakan secara masif. Di mana pun tempat yang menjadi klaster penularan, Riza mengingatkan warga Jakarta selalu menerapkan protokol kesehatan.

Bahkan, imbuhnya, bagi warga dengan ekonomi kelas atas diimbau secara mandiri melakukan tes untuk memastikan ada tidaknya virus yang menginfeksi saluran pernafasan itu.

"Jadi kami memang terus melakukan testing sebanyak mungkin tujuan testing tidak lain adalah melakukan identifikasi, dengan identifikasi maka ditemukan adanya terpapar virus maka lebih mudah kami untuk melakukan isolasi pencegahan dan penanganan dari covid 19 Jadi kami tidak akan berhenti melakukan tes. Dan bagi masyarakat yang memiliki kemampuan kami juga sarankan untuk selalu melakukan testing di rumah sakit rumah sakit yang ada di kota Jakarta," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Tetap Dirumah

Riza juga berpesan kepada seluruh warga Jakarta agar tetap berada di rumah dan mengurangi aktivitas di tempat-tempat keramaian.

Pihak manajemen Christian Dior pun membuat surat pemberitahuan perihal penutupan toko mereka sementara waktu untuk sterilisasi.

Berdasarkan surat pemberitahuan yang telah beredar, kasus dikonfirmasi pada 25 Juli 2020. Atas dasar konfirmasi tersebut, manajemen menutup toko hingga 28 Juli

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya