Jemaah Haji Diminta <em>Miqat</em> di Masjid Bir Ali

Jamaah haji gelombang pertama yang berada di Madinah diingatkan untuk miqat di Masjid Bir Ali saat akan menuju Mekkah. Di Masjid Bir Ali/Dzul Hulaifah jamaah harus melakukan salat sunat dan niat umrah.

oleh Liputan6 diperbarui 08 Okt 2012, 10:48 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2012, 10:48 WIB
haji-mikat-121008b.jpg
Liputan6.com, Madinah: Jamaah haji gelombang pertama yang berada di Madinah diingatkan untuk miqat di Masjid Bir Ali saat akan menuju Mekkah. Di Masjid Bir Ali/Dzul Hulaifah jamaah harus melakukan salat sunat dan niat umrah. "Jamaah dari Madinah niat miqatnya di Bir Ali. Jangan sampai lupa atau kelewatan," kata Kepala Seksi Bimbingan Ibadah Nurudin di kantor Misi Haji Indonesia Madinah, Minggu (7/10).

Menurut Nurudin untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak terulang lagi, Nurudin meminta petugas di Sektor Bir Ali untuk memastikan semua jamaah turun dari bis untuk berwudhu, niat ihram dan salat sunat 2 rakaat. Petugas juga harus memberitahukan kembali bahwa Bir Ali merupakan tempat mengambil miqat sebelum menuju Mekkah. "Bila tidak miqat akan terkena dam," katanya.

Nurudin mengatakan pihaknya akan terus berkomunikasi dengan ketua kloter dan ketua rombongan untuk mengingatkan agar miqat di Bir Ali. Jarak dari pemondokan jamaah menuju Bir Ali juga tidak terlalu jauh sekitar 30 menit perjalanan. "Tanda-tanda yang menunjukkan tempat miqat juga jelas di sepanjang jalan tersebut. Jadi jangan sampai kelewatan tidak miqat di Masjid Bir Ali," pungkas Nurudin. (Kemenag/ARI)

          
       

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya