Muhaimin: Semua Pihak Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 setelah Idul Fitri

Muhaimin yang juga Ketua Tim Pengawas Penanganan Bencana Covid-19 DPR, juga meminta pemerintah agar pascalebaran, program vaksinasi dipercepat.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Mei 2021, 13:24 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2021, 13:24 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar meminta semua pihak mengantisipasi potensi ledakan kasus Covid-19 setelah perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah. Karena itu kepada masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Kita berharap jangan sampai ada ledakan kasus pascalebaran. Kalau bisa tetap di rumah saja. Tapi kalau memang harus keluar rumah, ya tolong jaga protokol kesehatan demi keselamatan bersama," kata Muhaimin yang akrab disapa Gus Ami di Jakarta, Sabtu (15/5/2021).

Dia menilai langkah pemerintah sudah baik dengan mengeluarkan kebijakan larangan mudik Lebaran sebagai upaya antisipasi terjadinya ledakan kasus Covid-19.

Meski menurutnya, kebijakan tersebut belum tentu menjamin bahwa tidak akan terjadi ledakan kasus baru positif. Melihat kerumunan orang masih terjadi beberapa hari menjelang Lebaran maupun saat hari H Lebaran.

"Menjelang Lebaran, mal, pasar, kuburan dan tempat-tempat strategis lainnya masih tidak terkendali. Larangan mudik juga masih banyak yang diterobos. Ironisnya, perkumpulan massa di lokasi-lokasi strategis banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes), seperti penggunaan masker, hand sanitizer maupun jaga jarak," ujar politikus PKB ini. 

Menyikapi hal ini, Muhaimin mengingatkan perlu adanya kesadaran pribadi untuk tetap disiplin menjaga diri dan keluarga terhadap potensi tertular virus.

"Saat ini seolah-olah masyarakat ini sudah kurang peduli dan merasa tidak ada apa-apa lagi. Padahal kalau kita lihat data harian kasus Covid-19 masih cukup tinggi. Memang kondisi seperti ini membosankan, tapi bagaimana pun menjaga kesehatan diri dan keluarga itu harus jadi prioritas," katanya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Minta Program Vaksinasi Dipercepat Pascalebaran

Muhaimin yang juga Ketua Tim Pengawas Penanganan Bencana Covid-19 DPR itu, juga meminta pemerintah agar pascalebaran, program vaksinasi dipercepat sehingga potensi kekebalan tubuh masyarakat dari serangan virus semakin baik.

Namun, Ketua Umum DPP PKB itu mengingatkan, jangan pernah berpikir kalau sudah divaksin lalu sudah aman dan abai prokes.

"Karena vaksinasi hanya merupakan ikhtiar untuk mengurangi laju penularan, bukan berarti masyarakat kebal dari serangan virus," ujarnya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya