Kampanyekan Pengendalian Covid-19, Mahasiswa Doktoral IKM UI Gelar Seminar

COVID-19 diprediksi oleh banyak pakar akan menjadi endemi di kantung-kantung wilayah tertentu hingga suatu ketika menjadi penyakit biasa seperti flu musiman.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Des 2021, 11:04 WIB
Diterbitkan 07 Des 2021, 05:52 WIB
10 RT di DKI Jakarta Ditetapkan Sebagai Zona Merah COVID-19
Seorang pria menjaga akses masuk zona merah COVID-19 di Kelurahan Petogogan RT 006 RW 003, Jakarta, Selasa (22/6/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperbarui data zona pengendalian virus Corona di tingkat rukun tetangga (RT) se-Ibu Kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Sebagai upaya mengampanyekan optimisme kesuksesan pengendalian wabah COVID-19 di tanah air, mahasiswa doktoral ilmu kesehatan masyarakat, Universitas Indonesia angkatan 2021 (S3 IKM UI 2021) mengadakan seminar internasional bertemakan "Towards COVID-19 Endemic Readiness" yang akan digelar pada 18 Desember 2021 mendatang.

Dengan banyaknya kebijakan dalam menghadapi COVID-19 hingga kini, Indonesia telah berhasil melalui gelombang kasus tertingginya. Pun di tengah ancaman varian Omicron yang kini membuat dunia kembali menutup diri, keberhasilan perangkat kebijakan dalam meredam kasus COVID-19 yang dibarengi oleh salah satu angka cakupan vaksinasi tertinggi di dunia membuahkan hasil dengan terus menurunnya kasus aktif hingga hari ini.

Oleh karenanya, S3 IKM UI 2021 merancang acara yang menghadirkan peserta se-tanah air hingga mancanegara untuk membagikan success-story tersebut dengan turut mengundang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk mengoordinasikan penerapan PPKM Darurat pada September 2021.

Kemudian dengan harapan segera berakhirnya status pandemi, COVID-19 diprediksi oleh banyak pakar akan menjadi endemi di kantung-kantung wilayah tertentu hingga suatu ketika menjadi penyakit biasa seperti flu musiman.

Kendati demikian, kesiapsiagaan menghadapi transisi tersebut dibutuhkan dan pemerintah tengah menyusun berbagai perangkat kebijakan sejalan dengan upaya transisi (transformasi) sistem kesehatan nasional.

Untuk itu, acara ini juga mengundang Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin agar upaya menghadapi transisi dan transformasi sistem yang diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan tersebut dapat diketahui dan didukung oleh masyarakat lebih luas.

Selain mengundang kedua menteri untuk membawakan pidato kunci, seminar internasional yang didukung oleh PT. Waskita Karya Tbk. ini akan mengadakan sesi panel yang mengusung subtema terkait rencana reorientasi fasilitas dan layanan kesehatan saat COVID-19, aspek kesehatan dan keselamatan kerja yang berubah dengan adanya COVID-19 dan inovasi vaksin global serta kesiapan pengembangannya di masa depan.

"Kami berharap diskusi ini dapat memberikan perspektif baru, strategi yang inovatif serta mekanisme yang adaptif terkait dengan dunia kesehatan masyarakat di era endemi dan peserta yang datang juga mendapatkan alternatif-alternatif solusi menyongsong masa endemi," ujar Hario Megatsari selaku ketua panitia seminar.


Pendaftaran Sudah Dibuka

Seminar internasional ini juga didukung oleh PT Chandra Asri Petrochemical, PT Wijaya Karya, PT Pertamina Gas, PT Pertamina PDC serta Rumah Sakit Hj Bunda Halimah Batam. Pendaftaran untuk kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian Seminar Online FKM UI Seri ke-47 ini sudah dibuka di tautan bit.ly/SEMOL47.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya