Spesifikasi Lintasan Formula E di Ancol yang Desainnya Mirip Kuda Lumping

Awal start Formula E akan di mulai dari area parkir Pantai Carnaval Ancol. Lebar sirkuit tersebut mencapai 16 meter dengan jumlah tikungan sebanyak 18.

oleh Ika Defianti diperbarui 22 Des 2021, 13:05 WIB
Diterbitkan 22 Des 2021, 13:05 WIB
Desain lintasan sirkuit Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta. (Istimewa)
Desain lintasan sirkuit Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan balap mobil listrik atau Formula E akan dilakukan di Ancol pada 4 Juni 2022. Rencananya panjang lintasannya yaitu 2,4 kilometer. 

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Widi Amanasto menyebut bentuk sirkuit Formula E disesuaikan seperti kuda lumping.

"Lalu masalah ikonik Jakarta, (pada lintasan) silakan tengok ke kanan itu ada Jakarta Internasional Stadium (JIS), kelas internasional the new iconic Jakarta," kata Widi dalam konferensi pers, Rabu (22/12/2021). 

Lebar sirkuit tersebut mencapai 16 meter dengan jumlah tikungan sebanyak 18. Sementara itu, untuk trek lurus sebagai tempat adu cepat diberikan sepanjang 600 meter dengan arah lintasan searah jarum jam.

Lalu, nantinya awal start Formula E akan di mulai dari area parkir Pantai Carnaval Ancol. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Formula E Ahmad Sahroni menyatakan  pembangunan sirkuit akan dibangun dengan mengikuti berbagai spesifikasi dari FEO dan FIA.

Pembangunan akan segera dimulai dan diperkirakan selesai pada April 2022.

"Track E-Prix adalah track jalan raya, jadi spesifikasinya mirip jalan raya. Lokasi pembuatan track sudah relatif padat dan rata, sehingga pengerjaan track dapat dilakukan dengan cepat. Selanjutnya untuk paddock, stage dan grandstand sifatnya semi permanen sehingga hanya perlu satu bulan saja untuk bongkar pasang," ucapnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Bebani APBD DKI

Salah satu titik lokasi yang akan dijadikan jalur lintasan balap Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta Utara. (Ika Defianti/Liputan6.com)
Salah satu titik lokasi yang akan dijadikan jalur lintasan balap Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta Utara. (Ika Defianti/Liputan6.com)

Sahroni menegaskan pembangunan tersebut tidak menggunakan dana APBD DKI namun melibatkan sponsor. 

"Jadi semuanya hanya dari Jakpro dan sponsor, dengan track yang permanen sehingga dapat digunakan untuk berbagai event autosport sepanjang tahun," ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Teknis Formula E Ananda Mikola mengatakan saat peninjauan pihak FIA dan FEO menilai penyelenggaraan di Ancol akan menampilkan sisi lain dari Jakarta sebagai Ibu Kota. 

"Kata utusan wah ini tempat yang indah sekali sisi lain dari Jakarta ada stadion yang baru, sisi ada pantai. Jadi suatu tempat yan ikonik," ucapnya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya