Puslabfor Polri Diturunkan Usut Penyebab Kebakaran Masjid Jakarta Islamic Center

Berdasarkan dari keterangan dari pekerja renovasi gedung JIC, ketika hendak melakukan pekerjaannya memang ada percikan api yang keluar.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Okt 2022, 17:15 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2022, 17:15 WIB
Kondisi Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center yang Ambruk karena Kebakaran
Foto udara runtuhan kubah masjid setelah terbakar di Jakarta Islamic Centre (JIC), Jalan Kramat Tugu, Koja, Jakarta Utara, Kamis (20/10/2022). Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre yang memiliki 12 buah lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton itu ambruk setelah kebakaran hebat pada 19 Oktober 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Kepolisan masih melakukan penyelidikan terkait insiden kebakaran Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC), Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Hari ini, polisi masih melakukan olah  tempat kejadian perkara (TKP). 

"Hari ini kita fokus untuk melakukan olah TKP," ungkap Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Wibowo dalam keterangannya, Kamis (20/10/2022).

Kata Wibowo, dalam olah TKP yang dilakukan hari ini pihaknya menggandeng Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri untuk mencari tahu penyebab pasti kebakaran di JIC. 

"Dibantu oleh kawan-kawan dari Puslabfor Polri untuk mencari penyebab utama kebakaran," tuturnya.

Kendati demikian, pihaknya telah memeriksa pekerja yang tengah melakukam renovasi JIC kemarin. Wibowo menjelaskan, berdasarkan dari keterangan dari pekerja renovasi gedung JIC, ketika hendak melakukan pekerjaannya memang ada percikan api yang keluar. 

"Dari para pekerja ini menerangkan memang pada saat sedang melakukan renovasi itu ada percikan api yang kemudian menyambar salah satu bahan yang mudah terbakar," papar Wibowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Periksa Pekerja Bangunan

Kondisi Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center yang Ambruk karena Kebakaran
Reruntuhan kubah masjid setelah terbakar di Jakarta Islamic Centre (JIC), Jalan Kramat Tugu, Koja, Jakarta Utara, Kamis (20/10/2022). Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre yang memiliki 12 buah lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton itu ambruk setelah kebakaran hebat pada 19 Oktober 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kendati demikian, hingga saat ini kepolisian masih terus mendalami keterangan para pekerja tersebut. 

"Ini kan masih kita dalami lagi ya kan dari para pekerja ini," imbuh Kapolres.

Sebelumnya, Masjid Jakarta Islamic Center, di Kecamatan Koja, Jakarta Utara Kebakaran. Sebanyak Sebanyak 6 unit mobil dikerahkan ke lokasi.

Petugas Piket Pos Damkar Jakarta Utara saat dikonfirmasi mengatakan bahwa bagian yang kebakaran merupakan kubah masjid. 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya