Keuskupan Agung Jakarta Bantah Beri Dukungan untuk Anies Baswedan

Adi mengatakan, pihaknya kerap menerima tamu dan beraudiensi dengan banyak tokoh dari berbagai latar belakang.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Okt 2022, 19:00 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2022, 19:00 WIB
Senyum Anies Baswedan Saat Resmi Diusung Partai Nasdem Jadi Capres di Pilpres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan dalam pengumuman deklarasi Capres 2024 di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai Nasdem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Beredar tangkapan layar dari sebuah video yang berjudul "Uskup Katolik Se Jabodetabek Deklarasi Dukung Anies Presiden" di media sosial. Video tersebut berisikan potongan-potongan video aktivitas Anies Baswedan sebagai gubernur di berbagai gereja di Jakarta, salah satunya di Gereja Katedral.

Menanggapi hal ini, Gereja Katolik Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) membatah hal tersebut. Lalu, KAJ juga membenarkan bahwa pihaknya menerima kunjungan Anies di Gereja Katedral pada 28 September 2022.

"Dalam kunjungan ini, Gubernur Anies Baswedan menyampaikan pamitan bahwa masa tugasnya akan berakhir sebagai gubernur DKI dan ucapan terima kasih atas kontribusi umat katolik dalam kerjasama banyak pihak bagi kebaikan bersama," kata Sekjen Keuskupan Agung Jakarta Adi Prasojo dalam rilis resminya, dikutip Jumat (21/10/2022).

Adi juga mengatakan, pihaknya kerap menerima tamu dan beraudiensi dengan banyak tokoh dari berbagai latar belakang.

"Selaras dengan prinsip bahwa Gereja Katolik tidak berpolitik praktis, maka dalam pertemuan dan kegiatan tersebut tidak pernah membahas persoalan politik praktis, termasuk dalam pertemuan dengan Bapak Anies Baswedan," kata Adi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tetap Jaga Netralitas

Lebih lanjut, Adi mengatakan bahwa Gereja Katolik Indonesia tetap menjaga netralitas dan mendorong proses politik agar dapat dijalankan dengan menjunjung prinsip dan etika yang diabdikan bagi bonum commune (kebaikan bersama).

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

Infografis Pernyataan Ketum NasDem Surya Paloh Saat Deklarasi Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pernyataan Ketum NasDem Surya Paloh Saat Deklarasi Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya