52.636 Lokasi Jadi Target Pengamanan dalam Operasi Lilin Natal dan Tahun Baru

Kepolisian Republik Indonesia memetakan lokasi yang menjadi fokus pengaman dalam Operasi Lilin perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Des 2022, 11:18 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 10:32 WIB
Ribuan Personel Gabungan Akan Dikerahkan Amankan Natal dan Tahun Baru
Personel polisi mengikuti apel Operasi Lilin Jaya 2020 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Senin (21/12/2020). Tugas kepolisian di momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 selain memastikan keamanan dari tindak kejahatan, juga mengawasi pelanggaran protokol kesehatan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian Republik Indonesia memetakan lokasi yang menjadi fokus pengaman dalam Operasi Lilin perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Lokasi-lokasi itu seperti gereja, pelabuhan, terminal, bandara, hingga lokasi wisata.

Rakor Lintas Sektoral Tingkat Menteri bersama Polri dan pihak terkait, di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Jumat 16 Desember 2022 lalu mengungkap ada 52.636 lokasi yang menjadi fokus pengamanan Operasi Lilin.

"Untuk sasaran pengamanan jumlahnya 52.636 lokasi yang diamankan seluruh Indonesia," papar Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Senin (19/12/2022).

Puluhan ribu lokasi ini terdiri dari 41.702 gereja, terminal 711 terminal, pelabuhan 653, bandara 206, stasiun kereta api 256, untuk pusat perbelanjaan 3.693, objek wisata ada 3.709, dan juga objek untuk malam pergantian tahun sebanyak 1.706.

Menurut dia, dalam pelaksanaan operasi lilin, 100.623 personel yang terdiri dari personel gabungan dengan TNI dan pihak terkait akan dikerahkan. Tidak hanya itu, sebanyak 100.000 personel Banser dari Kementerian Agama juga akan turut mengamankan.

"Jadi polri bersama dengan temen-temen TNI juga dibantu oleh rekan-rekan Banser termasuk pengamanan internal gereja akan mengamankan seluruh rangkaian ibadah umat Kristiani," imbuh Dedi.

Jenderal berpangkat bintang dua itu juga meminta agar masyarakat turut bersinergi selama pengaman Natal dan Tahun baru berlangsung. Sebagaimana untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi.

"Bahwa Polri bersama dengan pihak terkait lainnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengawal kegiatan masyarakat. Dan kita mimta support masyarakat untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berlangsung 22 Desember 2022-3 Januari 2023

Sebagaimana diketahui kegiatan operasi lilin akan berlangsung sejak 22 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 mendatang.

"Tentunya kita semua akan berusaha semaksimal mungkin, agar seluruh rangkaian kegiatan dan aktivitas masyarakat di akhir tahun semuanya bisa berjalan dengan baik," tutur Dedi.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bakal ada jalur-jalur baru yang bisa digunakan masyarakat untuk perjalanan mudik Natal dan Tahun Baru. Dia berharap jalur baru ini membuat perjalanan mudik menjadi lebih baik.

Kepada seluruh sektor pariwisata, Sigit mengimbau untuk mempersiapkan puncak libur Natal dan Tahun Baru. Biasanya, masyarakat menikmati libur Natal dan Tahun Baru dengan mendatangi kawasan wisata.

"Tentunya seluruh sektor pariwisata tadi kita imbau untuk mempersiapkan seluruhnya. Sehingga, masyarakat bisa melaksanakan liburan di akhir tahun dengan aman dan nyaman," katanya kepada wartawan pada Jumat (16/12) lalu.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya