40 Ribu Orang Diprediksi Kunjungi TMII pada Perayaan Malam Tahun Baru

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) sebagai pengelola TMII mengatakan bahwa bakal ada sekitar 40 ribu orang yang mengunjungi TMII pada malam pergantian tahun, (31/12/2022).

oleh Winda Nelfira diperbarui 29 Des 2022, 10:37 WIB
Diterbitkan 29 Des 2022, 10:37 WIB
Tampilan Terbaru dari Danau Archipelago di TMII yang Telah direnovasi
Pemandangan malam hari dari wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang telah di renovasi dan siap untuk menyambut G20 beserta para wisatawan yang akan berkunjung. (source: Instagram.com/alivikry)

Liputan6.com, Jakarta - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) sebagai pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mengatakan bahwa bakal ada sekitar 40 ribu orang yang mengunjungi TMII pada malam tahun baru, (31/12/2022).

"TWC telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk memberikan layanan terbaik kepada pengunjung yang diperkirakan akan mencapai 40.000 orang pada malam pergantian tahun," kata Corporate Secretary PT TWC AY Suhartanto dalam keterangannya, dikutip Kamis (29/12/2022).

Kemudian, dalam hal pengamanan, Suhartanto menyebut pihaknya mensiagakan 118 personel pengamanan internal dan 475 personel gabungan eksternal dari unsur Kepolisian, TNI AD, Satpol PP, dan Suku Dinas Perhubungan.

Untuk pos pengamanan ditempatkan di pintu masuk utama, yakni pada pintu 3 dan pintu 4. Selain itu, personel pengarah jalan juga ditempatkan di sejumlah titik untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas.

Tak hanya itu, sebagai antisipasi lonjakan kepadatan pengunjung TMII, sejumlah pintu masuk tambahan juga telah disiagakan. Dari Pintu 3, pengunjung dengan kendaraan roda empat maupun roda dua akan diarahkan ke tempat parkir terpadu sebelum naik bus kendaraan listrik untuk masuk ke kawasan TMII.

Adapun kapasitas parkir terpadu mencapai 559 lot untuk mobil, 300 lot motor dan 28 lot untuk sepeda. Tempat parkir alternatif terletak di beberapa lokasi, antara lain di area Tugu Api Pancasila dengan kapasitas parkir mobil sebanyak 159 lot.

Lalu, untuk parkir mobil di belakang Tambur sebanyak 400 lot, parkir mobil di PP IPTEK sebanyak 400 lot, parkir mobil di area Tionghoa sebanyak 150 lot dan lokasi parkir cadangan untuk menampung kendaraan jika terjadi lonjakan pengunjung.


Tenaga Kesehatan dan Tenda Medis Turut Dipersiapkan

Suasana Baru Taman Mini Indonesia Indah
Pengendara motor melintas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan wajah baru di Jakarta Timur, Rabu (16/11/2022). Pengelola TMII akan melakukan uji coba buka untuk umum pada 20 November 2022 dengan kuota 5000 orang selama berlangsung, dengan membeli tiket secara onlie di website TMII. (merdeka.com/Imam Buhori)

Suhartanto menyampaikan bahwa tenaga kesehatan, ambulance dan tenda medis juga turut ditempatkan di sejumlah titik, antara lain di Parkir Plaza Utara, depan Anjungan Sulawesi Utara, depan PP IPTEK, depan Istana Anak, depan Sasana Adirasa dan depan Plaza Keong Mas.

Disiagakan pula petugas pemadam kebakaran di kawasan ex BNI Plaza Utara, depan Anjungan Maluku, depan anjungan Sulawesi Utara depan PP IPTEK, depan Plaza Kayu Gede dan depan Plaza Keong Mas.

"Sementara untuk toilet portabel tersedia di Parkir Plaza Utara, depan anjungan Sumatera Utara, depan anjungan Maluku, depan PP IPTEK, depan Istana Anak dan depan Plaza Keong Mas," kata Suhartanto.

Infografis TMII Lepas dari Keluarga Soeharto
Infografis TMII Lepas dari Keluarga Soeharto (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya