Diperingati Minggu 22 Januari, Yuk Buat Twibbon Imlek 2023 Tahun Kelinci Air

Tahun Baru Imlek 2023 diperingati tepat pada hari ini, Minggu (22/1/2023). Perayaan ini tentunya sangat dinantikan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 22 Jan 2023, 13:33 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2023, 13:32 WIB
Twibbon Tahun Baru Imlek 2023 atau Tahun Baru China yang pada kali ini menjadi tahunnya Kelinci Air atau Year of the Water Rabbit.
Twibbon Tahun Baru Imlek 2023 atau Tahun Baru China yang pada kali ini menjadi tahunnya Kelinci Air atau Year of the Water Rabbit. (www.twibbonize.com)

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Imlek 2023 diperingati tepat pada hari ini, Minggu (22/1/2023). Perayaan ini tentunya sangat dinantikan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia.

Imlek tahun ini juga menjadi tahunnya Kelinci Air atau Year of the Water Rabbit.

Melansir thechinesezodiac.org, Tahun Baru Imlek 2023 akan menjadi Tahun Kelinci Air atau Year of the Water Rabbit dimulai pada 22 Januari sampai 9 Februari 2024, ketika memasuki Tahun Naga.

Menurut Astrologi Cina, kelinci melambangkan kesabaran dan keberuntungan. Ini menunjukkan Tahun Kelinci 2023, akan membawa kualitas yang mungkin terasa kurang di tahun sebelumnya seperti kedamaian dan kesuksesan.

Tahun Kelinci pun diharapkan menjadi waktu positif dan beruntung bagi sebagian besar zodiak.

Hari raya ini pun menjadi sebuah hari untuk bersyukur serta berkumpul bersama keluarga besar seperti beribadah atau pun saling berbagi angpao dengan saudara atau orang-orang terdekat.

Seperti hari raya keagamaan lainnya, Tahun Baru Imlek dimanfaatkan masyarakat Tionghoa untuk bersyukur dan juga introspeksi diri atas hal yang telah dilalui.

Ada pun pada Tahun Baru Imlek ini menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) dirayakan pada hari ini dan cuti bersama pada Senin 23 Januari 2023 besok.

Selain merayakan bersama keluarga tercinta dan orang-orang terkasih, kamu juga bisa merayakan Imlek tahun ini di media sosial dengan menggunakan Twibbon. Tentunya dengan memasang ucapan Tahun Baru Imlek 2023 dan membagikannya di seluruh sosial media (sosmed).

Lantas, apakah Twibbon? Twibbon sendiri merupakan bingkai bertema yang bisa dipasang di foto profil akun media sosial seseorang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Buat Twibbon

Twibbon Tahun Baru Imlek 2023 atau Tahun Baru China yang pada kali ini menjadi tahunnya Kelinci Air atau Year of the Water Rabbit.
Twibbon Tahun Baru Imlek 2023 atau Tahun Baru China yang pada kali ini menjadi tahunnya Kelinci Air atau Year of the Water Rabbit. (www.twibbonize.com)

Bingkai atau Twibbon tersebut bisa dipakai untuk foto profil akun Facebook, Twitter, Instagram, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram, serta kirim ke orang lain melalui laman Twibbonize.com.

Untuk membuat Twibbon Tahun Baru Imlek 2023 pun cukup mudah. Kamu dapat menggunakan perangkat seperti laptop, tablet, atau cukup dari ponsel. Berikut caranya:

1. Kamu cukup memilih salah satu dari link atau dapat mencari lebih banyak di Twibbonize.com,

2. Lalu, klik "Choose a Photo" dan pilih foto yang kamu ingin pakaikan bingkai dari galeri perangkatmu,

3. Sesuaikan posisi foto di dalam bingkai yang dipilih, kemudian pilih "Next",

4. Klik "Download" untuk menyimpannya di perangkatmu,

5. Kamu lalu bisa membagikan Twibbon yang sudah kamu buat di media sosial yang diinginkan.

 


Link Twibbon Tahun Baru Imlek 2023

Twibbon Tahun Baru Imlek 2023 atau Tahun Baru China yang pada kali ini menjadi tahunnya Kelinci Air atau Year of the Water Rabbit.
Twibbon Tahun Baru Imlek 2023 atau Tahun Baru China yang pada kali ini menjadi tahunnya Kelinci Air atau Year of the Water Rabbit. (www.twibbonize.com)

Berikut link Twibbon Tahun Baru Imlek 2023 yang dihimpun Liputan6.com dari laman Twibbonize.com:

1. https://twb.nz/chinesenewyear2023imlek

2. https://twb.nz/chinesenewyeardewan

3. https://twb.nz/semacomimlek2023

4. https://twb.nz/chinesenew202

5. https://twb.nz/cici199ximlek

6. https://twb.nz/sfcimlek2023

7. https://twb.nz/imlek2023-klinikputuparwata

8. https://twb.nz/imlek2023keluargadrjulius

9. https://twb.nz/reveuseimlek

10. https://twb.nz/hariimlek2023smkn2

11. https://twb.nz/negroimlek2023

12. https://twb.nz/pradipaimlek2023

13. https://twb.nz/imlekmusicatoire

14. https://twb.nz/imlekikadin2023

15. https://twb.nz/psitahunbaruimlex2023

16. https://twb.nz/gskipogurimlek2023

17. https://twb.nz/imlekglori

18. https://twb.nz/thbaruimlek

19. https://twb.nz/heimbaseimlek

20. https://twb.nz/sdaddyimlek

 


Sejarah Imlek

Suasana Wihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat saat Imlek 2023
Suasana Wihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat saat Imlek 2023, Minggu (22/1/22023). (Liputan6.com/ Muhammad Radityo Priyasmoro)

Melansir En As, asal- usul Tahun Baru Imlek penuh dengan mitos dan legenda.

Tetapi, sejak pertengahan 1990-an orang-orang di Tiongkok diberi hari libur kerja berturut-turut untuk merayakan Tahun Baru Imlek bersama teman dan keluarga mereka.

Biasanya, dalam periode tersebut mereka akan beristirahat, reuni keluarga, dan melakukan tradisi lainnya termasuk membersihkan rumah secara menyeluruh untuk menghilangkan nasib buruk yang masih ada.

Menurut kalender Gregorian, periode Tahun Baru Imlek dimulai dengan bulan baru antara 21 Januari dan 20 Februari, dengan perayaan berlanjut hingga bulan purnama berikutnya.

Perayaan tersebut adalah sarana untuk mengantarkan tahun yang lama dan mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran untuk yang baru. Ini mengikuti legenda monster bernama Nian, yang akan menyerang penduduk desa pada setiap awal tahun baru, tetapi ditakuti oleh suara keras, cahaya terang, dan warna merah. Dari situlah kebiasaan pertunjukan kembang api, pakaian merah, dan dekorasi kertas dibuat.

Banyak tradisi musim menghormati kerabat yang telah meninggal dan kaum muda diberi uang dalam amplop merah berwarna-warni.

Acara terakhir yang diadakan selama Tahun Baru Imlek disebut Festival Lampion, di mana orang menggantung lampion yang bersinar di kuil atau membawanya saat parade malam hari. Karena naga melambangkan keberuntungan, maka naga sering dipamerkan di beberapa titik selama proses berlangsung.

Tanggal Tahun Baru Imlek ditentukan oleh penanggalan Imlek. Tanggalnya pun berubah setiap tahun tetapi selalu di suatu tempat dalam periode dari 21 Januari hingga 20 Februari. Dan pada kali ini, peringatan Tahun Baru Imlek jatuh di Minggu 22 Januari 2023 mendatang.

Tahun Baru Cina telah berasal dari sejarah sekitar 3.500 tahun yang lalu. Permulaannya yang tepat tidak dicatat.

Infografis Tradisi Tahun Baru Imlek
Tradisi-tradisi saat perayaan Tahun Baru Imlek (dok.Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya