Jokowi: Insya Allah Tahun Depan HUT RI Digelar di IKN

Pada peringatan HUT ke-78 RI, Jokowi berharap Indonesia menjadi negara yang besar. Dia menyebut bahwa beragamnya baju adat daerah yang dipakai tamu undangan melambangkan keberagaman dan kekuatan Indonesia.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 17 Agu 2023, 10:04 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 10:04 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pembangunan infrastruktur kawasan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (25/10/2022). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI akan menjadi peringatan HUT terakhir yang digelar di Istana Merdeka Jakarta. Dia menyebut Upacara HUT Kemerdekaan RI selanjutnya akan diadakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

"Insya Allah (terkahir di Jakarta). Tahun depan Insya Allah sudah di IKN. Kita lihat nanti," kata Jokowi kepada wartawan di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Pada peringatan HUT ke-78 RI, Jokowi berharap Indonesia menjadi negara yang besar. Dia menyebut bahwa beragamnya baju adat daerah yang dipakai tamu undangan melambangkan keberagaman dan kekuatan Indonesia.

"Ya seperti yang kita lihat di Istana keberagaman dipadukan dengan keberanekaragam bermacam-macam baju adat yang kita pakai dan ya ini lah sebetulnya kekuatan negara kita, kekuatan Indonesia yang keberagaman yang bisa dipersatukan," jelas Jokowi.

"Jadi kalau kita bersatu, solid kompak itu lah kekuatan besar Indonesia," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tim Indonesia Maju

Perdana, Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di IKN Berlangsung Khidmat
Suasana upacara bendera HUT ke 78 Kemerdekaan RI di IKN. Foto (Liputan6.com / Apriyanto)

Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Indonesia Maju bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Lilly Indriani Suparman Wenda yang merupakan perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera HUT ke-78 RI ialah Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara, dan Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ini, ia menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Mar Ganteng Prakoso. Saat ini, ia bertugas sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigjen TNI Arkamelvi Karmani. Pria kelahiran 10 Februari 1967 tersebut, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya