Profil Singkat Kaesang Pangarep yang Kini Jadi Ketua Umum PSI

Nama putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Kaesang Pangarep belakangan ini menjadi sorotan. Hal tersebut lantaran Kaesang Pangarep secara resmi telah bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

oleh Devira PrastiwiRahma Vania Indriani Putri diperbarui 25 Sep 2023, 20:14 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2023, 20:14 WIB
Konferensi Pers Piala Presiden 2022
Dirut Persis Solo, Kaesang Pangarep, memberikan pernyataan saat konferensi pers Piala Presiden 2022 di Studio Lantai 8 SCTV Tower, Senayan City, Jakarta pada Senin (06/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Nama putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Kaesang Pangarep belakangan ini menjadi sorotan. Hal tersebut lantaran Kaesang Pangarep secara resmi telah bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan kurang dari seminggu langsung menjadi ketua umum partai tersebut.

Pilihan Kaesang masuk politik bergabung dengan PSI juga disorot karena ia memilih partai berbeda dengan keluarganya di PDI Perjuangan (PDIP) yaitu sang ayah Presiden Jokowi, kakaknya Gibran Rakabuming Raka, serta kakak iparnya Bobby Nasution.

Kaesang pun sudah menerima kartu tanda anggota (KTA) dari PSI pada Sabtu 23 September 2023 di kediaman pribadi keluarga Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah.

Lantas, seperti apakah profil Kaesang Pangarep? Putra ketiga atau bungsu dari Jokowi dan Iriana ini lahir di Surakarta pada 25 Desember 1994. Kaesang memiliki dua kakak kandung yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Kaesang diketahui merupakan seorang pengusaha makanan Indonesia dan juga dikenal sebagai YouTuber. Dirinya telah aktif menjadi YouTuber sejak 2013 hingga sekarang.

Kaesang memulai pendidikan dasar di SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo dan SMPN 1 Surakarta. Kemudian ia melanjutkan SMA di Singapura, Anglo-Chinese School International dengan program studi International Baccalaureat.

Setelahnya, Kaesang kuliah jurusan pemasaran di Singapore University of Social Sciences pada 2019.

Kemudian pada 10 Desember 2022 lalu, Kaesang menikah dengan Puteri Indonesia DIY 2022 yang berhasil masuk Top 11 di kontes Puteri Indonesia 2022 yaitu Erina Sofia Gudono atau Erina Gudono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perjalanan Karier

Kaesang Pangarep dan PSI
Kaesang Pangarep mengaku mengabari Gibran Rakabuming Raka soal keputusan masuk PSI lewat pesan WhatsApp. Namun, pesan tersebut tak dibalas. (Foto: Dok. Instagram @gracenat)

Kaesang Pangarep memulai kariernya sebagai narablog yang kemudian mendapat sorotan karena merupakan seorang anak calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2014.

Blognya menuai kontroversi karena menuliskan pengalaman tak sengaja makan babi di Singapura, yang kemudian mendapat perhatian karena panasnya keadaan Pilpres 2014 dan menyatakan rasa daging babi lebih enak dari kambing.

Kontroversi selanjutnya adalah saat ia menertawakan orang tuanya sendiri yang senang memelihara kodok, sehingga memunculkan panggilan kecebong untuk simpatisan Jokowi.

Penampilannya dalam bentuk video dimulai dengan adu panco dengan Jokowi. Videonya banyak disukai dan akhirnya menciptakan kontroversi baru saat mengomentari akhir Pilkada DKI 2017 yang berakibat banyaknya demonstrasi dan pawai obor untuk mendesak dipenjarakannya Ahok.

Kaesang memanggil mereka dengan sebutan "ndeso", yang berbuah tuntutan dari warganet lain. Ia kemudian ikut memainkan peran sopir taksi dalam film Cek Toko Sebelah pada 2016 yang dibintangi Ernest Prakasa. Kemudian pada 2017 ikut menjadi pengisi suara di film Knight Kris sebagai Yuda produksi Viva Fantasia SSS Pictures.

Dan pada 2023 ini, Kaesang memilih terjun ke dunia politik dengan bergabung ke PSI.

 


Alasan Kaesang Gabung PSI

Kaesang resmi gabung PSI. (Foto: Liputan6.com/Fajar Abrori)
Kaesang resmi gabung PSI. (Foto: Liputan6.com/Fajar Abrori)

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang sudah menerima kartu tanda anggota (KTA) dari PSI di Solo, Jawa Tengah, Sabtu 23 September 2023.

Terkait dengan keputusannya yang menerima pinangan dari PSI menjadi salah satu anggota, dikatakannya, karena kesamaan visi dan misi.

"Saya dengan teman-teman PSI kan sudah cukup lama (berhubungan), termasuk komunikasi saya dengan wamen (Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni) dan Sis Grace (Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie Louisa," kata Kaesang seperti dilansir Antara.

Menurut dia, komunikasi yang terjalin lancar dan cair sehingga terpikir untuk melanjutkan hubungan tersebut.

"Saya lihat PSI ini partai yang bagus, yang diisi oleh anak-anak muda yang berintegritas. Mereka juga punya kompetensi dan yang penting adalah mereka punya semangat untuk membuat Indonesia jauh lebih baik," katanya.

Oleh karena itu, ia akhirnya berkomitmen dan memantapkan hati untuk berjuang bersama PSI.

"Alhamdulillah saya juga sudah dapat izin dan restu dari istri saya," ucap Kaesang.

 


Kaesang Pangarep Masuk PSI Atas Restu Istri, Sebut Mawar Bunga Favorit Erina Gudono

Kaesang Pangarep
Kaesang Pangarep membeberkan nasihat Erina Gudono soal menolong yang lain dan meninggalkan ambisi pribadi. Diduga ini terkait mimpi jadi Depok 1. (Foto: Dok. Instagram @kaesangp)

Dalam konferensi pers di Solo, Kaesang Pangarep membeberkan kronologi masuk Partai Solidaritas Indonesia alias PSI. Hatinya mantap setelah berdiskusi lalu mendapat izin dan restu sang istri.

Didampingi Erina Gudono, Kaesang Pangarep mengaku hatinya mantap berjuang bareng PSI setelah istri menyalakan lampu hijau. Baginya, doa dan restu Erina Gudono sangat penting.

"Setelah itu saya berpikir, saya sudah berkomitmen dan memantapkan hati untuk berjuang bersama PSI dan alhamdulillah saya sudah dapat izin dan restu dari istri saya," kata Kaesang.

Kaesang Pangarep menyebut Erina Gudono bukan hanya istri, melainkan teman hidup sekaligus rekan diskusi. Saat ingin terjun ke politik, Erina Gudono berbagi saran dan perspektif.

"Karena mau bagaimana pun istri saya adalah teman hidup saya. Teman saya berdiskusi. Jadi, apapun saya harus mendapatkan restu dari istri saya," jelas dia.

Infografis Ragam Tanggapan Heboh Kaesang Pangarep Masuk Dunia Politik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Heboh Kaesang Pangarep Masuk Dunia Politik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya