Putra Bungsu Jokowi Kini Jadi Ketum PSI, Partai Garuda: Semangat Bro Kaesang!

Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi pun menyebut, sampai saat ini, sudah ada enam anak Presiden RI yang menjadi Ketua Umum Partai Politik (parpol), bukan hanya putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 26 Sep 2023, 19:28 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2023, 19:28 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi pun menyebut, sampai saat ini, sudah ada enam anak Presiden RI yang menjadi Ketua Umum Partai Politik (parpol), bukan hanya putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep.
Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi pun menyebut, sampai saat ini, sudah ada enam anak Presiden RI yang menjadi Ketua Umum Partai Politik (parpol), bukan hanya putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada Senin 25 September 2023, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bernama Kaesang Pangarep telah resmi menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang Pangarep resmi menjadi Ketum PSI meski belum ada seminggu menjadi kader partai tersebut.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi pun menyebut, sampai saat ini, sudah ada enam anak Presiden Republik Indonesia (RI) yang menjadi Ketua Umum Partai Politik (parpol).

"Terhitung sudah 6 anak Presiden RI yang menjabat dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Politik. Mulai dari Megawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Tommy Soeharto, Yenny Wahid, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga yang terbaru adalah Kaesang Pangarep," ujar Teddy Gusnaidi melalui keterangan tertulis, Selasa (26/9/2023).

"Jadi bukan lagi hal baru dan mengagetkan jika ada anak Presiden menjadi Ketua Umum Partai Politik," sambung dia.

Begitu pun, lanjut Teddy, dengan perbedaan partai politik anak-anak Presiden, bukan hal yang baru.

"Sehingga ketika Kaesang berbeda partai dengan Gibran Rakabuming Raka bahkan dengan Jokowi, itu menjadi hal yang biasa. Karena berbeda kendaraan bukan berarti harus memutuskan persaudaraan," papar dia.

Menurut Teddy, meski bukan hal yang baru anak Presiden RI menjadi Ketua Umum Partai Politik, tapi ini hal baru bagi Kaesang.

"Beliau (Kaesang) menahkodai sebuah partai politik dan tentu harus menjalani berbagai tantangan dan rintangan yang tidak mudah. Maka dari itu Partai Garuda menyatakan, Semangat Bro Kaesang!," tutup Teddy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kaesang Pangarep Resmi Jadi Ketua Umum PSI

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. (Tangkapan layar Youtube PSI)

Sebelumnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep ditunjuk jadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang Pangarep resmi menjadi Ketum PSI meski belum ada seminggu menjadi kader partai tersebut.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie, dalam Kopdarnas PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin 25 September 2023, menanyakan soal siapa pengganti Giring Ganesha ke para kader yang hadir.

"Siapakah yang akan menjadi ketua umum selanjutnya?"

"Kaesaang," jawab para kader.

"Siapa bro dan sis?" tanya Grace.

"Teriakkan namanya." kata dia.

"Kaesaaang," teriak para kader.

Pada saat pengumuman ini, seluruh anggota DPW PSI berdiri di atas panggung.

Kemudian sebuah video diputar. Video itu menampilkan lukisan bunga mawar yang kemudian terangkai puzzle foto Kaesang dengan tulisan Kaesang Pangarep Ketua Umum PSI.

"Memutuskan, menetapkan, satu pengangkatan saudara Kaesang Pangarep sebagai ketua umum dewan pengurus pusat Partai Solidaritas Indonesia," kata Grace.

 


Ini Formasi Baru PSI Usai Kaesang Pangarep Jabat Ketua Umum

Kaesang Pangarep Resmi Jadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu pun resmi menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Putra Bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi diangkat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggantikan Giring Ganesha.

Penujukan Kaesang sebagai ketua umum diumumkan pada saat PSI menggelar Kopdarnas yang diadakan di Djakarta Theater, Senin 25 September 2023.

Pengumuman Kaesang menjadi ketua umum, tercantum dan Surat Keputusan Dewan Pembina yang dibacakan oleh ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

"Surat keputusan Dewan Pembina tentang pengangkatan Ketua Umum PSI menetapkan, Bro Kaesang Pangarep sebagai ketua berlaku sejak 2023 hingga 2028," kata Grace dalam pidatonya.

Selain Kaesang, Grace juga mengumumkan Raja Juli Antoni selain Sekjen Baru PSI. Sementara mantan ketua umum, Giring kini menduduki jabatan anggota Dewan Pembina dan Ratu Ayu Isyana Bagus Oka.

Infografis Puan Maharani Ajak Kaesang Pangarep Gabung PDIP Usai Berniat Jadi Depok 1. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Puan Maharani Ajak Kaesang Pangarep Gabung PDIP Usai Berniat Jadi Depok 1. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya