Masuk Usia 51, KNPI: Perkuat Sinergitas Pemuda Menuju Indonesia Emas

Ryano berharap, pemuda Indonesia tidak boleh terjebak pada dinamika rutinitas.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 24 Jul 2024, 17:08 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 15:02 WIB
Ketua Umum DPP KNPI M Ryano Panjaitan memimpin langsung jalannya peringatan hari lahir organisasinya yang ke-51 di Gedung KNPI, Rasuna Said, Jakarta, Selasa (23/7) (Istimewa)
Ketua Umum DPP KNPI M Ryano Panjaitan memimpin langsung jalannya peringatan hari lahir organisasinya yang ke-51 di Gedung KNPI, Rasuna Said, Jakarta, Selasa (23/7) (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP KNPI M Ryano Panjaitan memimpin langsung jalannya peringatan hari lahir organisasinya yang ke-51 di Gedung KNPI, Rasuna Said, Jakarta, Selasa (23/7). Menurut dia, di era digitalisasi dan disrupsi pemuda diharapkan menjadi pelopor dan berkontribusi dalam kemajuan bangsa.

“Kemajuan bangsa di berbagai sektor termasuk hilirisasi, infrastruktur dan konektivitas, dana desa, digitalisasi, dan investasi, serta bagaimana menjadikan bonus demografi sebagai kekuatan bagi pertumbuhan ekonomi, sosial, dan politik Indonesia,” kata Ryano melalui keterangan diterima, Rabu (24/7/2024).

Ryano berharap, pemuda Indonesia tidak boleh terjebak pada dinamika rutinitas. Sebaliknya, pemuda harus terus bergerak bersinergi dengan pemerintah Republik Indonesia agar dapat terwujud Indonesia Emas 2045.

“KNPI hadir sebagai wadah untuk meneruskan semangat perjuangan dan persatuan. Kita adalah pemuda yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga apa yang telah dicapai dan mengembangkan potensi bangsa ke arah yang lebih baik. Jangan takut akan kegagalan, karena itu bagian dari proses menuju kesuksesan," ucap Ryano.

Senada dengan itu, Wakil menteri ketenagakerjaan Afriansyah Noor yang turut hadir dalam acara peringatan hari lahir KNPI ke-51, menyampaikan fenomena bonus demografi yang terdapat di Indonesia bisa diberdayakan dengan berbagai macam pelatihan kerja yang telah disediakan pemerintah. Dia berharap, kedepan KNPI bisa berkolaborasi sebagai wadah nasional pemuda di Indonesia untuk dapat menjalankan program pelatihan seluas-luasnya.

“Bentuk nyata dari program pelatihan tersebut adalah keterampilan pemuda disertai dengan sertifikasi yang dapat dipergunakan untuk bekerja di dalam negeri bahkan luar negeri, serta mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi para pemuda,” jelas Afriansyah.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil menteri pertanian yang baru saja dilantik Jokowi, Sudaryono menyampaikan perubahan kontra inisiatif merupakan hasil pemikiran pemuda. Menurut dia, Indonesia adalah negara dengan populasi terbesar ke 4 di dunia. Maka, bonus demografi yang besar harus dijadikan lompatan kuantum dari kemajuan bangsa.

“Untuk menjadi bangsa yang maju dengan keberlanjutan pemerintahan pak Jokowi yang akan dilanjutkan oleh pak prabowo subianto sebagai presiden terpilih yang membawa salah satu tema yaitu hilirisasi, yang merupakan proses penambahan nilai sumber daya kita yang harus diolah dari upaya kita dan harus dinikmati oleh upaya kita yang diawali oleh pemuda-pemuda kita dan dimulai hari ini sampai hari, bulan dan tahun mendatang,” dorong Sudaryono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wadah Bagi Pemuda

Terakhir, pesan diutarakan salah satu pendiri KNPI, Fredy Latumahina. Dia mengingat, saat 51 Tahun yang lalu ketika KNPI dideklarasikan. Dia bertekad KNPI bisa menjadi wadah bagi para pemuda.

Maka dari itu pesan untuk adik-adik saya agar tetap berbuat yang terbaik untuk bangsa ini. Sebab, ketika pemuda tidak ada wadah untuk bersama maka pemuda bukanlah apa-apa.

“Pemuda tidak bersatu tidak punya kekuatan apa-apa, komitmen majukan Pemuda indonesia, jadi untuk satukan KNPI yang berbeda beda ini,” dia menandasi.

Sebagai informasi, hadir dalam acara para pendiri KNPI lainnya seperti, Abdulah Puteh, kemudian Purnama yang dikenal istri dari Almarhum David Napitupulu, mantan-mantan ketua umum KNPI, MPI, ketua Umum OKP, perwakilan TNI & Polri serta Fungsionaris DPP KNPI Periode 2022-2025.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya