Apresiasi Prabu Revolusi pada Komitmen Uji Coba Bioethanol Pertamina di Pameran GIIAS 2024

Komisaris PT Kilang Pertamina Internasional Prabu Revolusi menyambut baik adanya hasil positif dari uji coba bioethanol milik Pertamina di mobil buatan Toyota.

oleh Tim News diperbarui 28 Jul 2024, 21:15 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 21:15 WIB
Komisaris PT Kilang Pertamina Internasional Prabu Revolusi menyambut baik adanya hasil positif dari uji coba bioethanol milik Pertamina di mobil buatan Toyota.
Komisaris PT Kilang Pertamina Internasional Prabu Revolusi menyambut baik adanya hasil positif dari uji coba bioethanol milik Pertamina di mobil buatan Toyota. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - GIIAS 2024 tampaknya kembali meraup kesuksesan dengan jumlah pengunjung yang meningkat 2-5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebanyak lebih dari 70 merek kendaraan dan 120 industri pendukung turut memeriahkan pameran otomotif terbesar di Indonesia ini.

Pertamina seperti tahun sebelumnya, kembali berpartisipasi dalam pameran ini. Booth Pertamina juga terlihat cukup besar hingga cukup membuatnya tidak luput dari perhatian para pengunjung.

Beberapa hari sebelumnya pada GIIAS 2024 kali ini, Pertamina telah melakukan uji coba Bioethanol 100 persen (E100) dari tanaman Sorgum bersama dengan Toyota menggunakan mobil Innova Zennix FFV. Hal tersebut seperti disampaikan Senior Vice President Technology Innovation PT Pertamina Oki Muraza.

Dia mengatakan, hasil uji coba tersebut tampaknya menjanjikan karena Innova Zennix yang digunakan, mengalami peningkatan performa dengan pembakaran yang lebih sempurna dan emisi yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar fosil.

"Ada peningkatan performa dengan pembakaran yang jauh lebih sempurna dan emisi yang lebih rendah dibandingkan bahan bakar fosil," ujar Oki dikutip melalui keterangan tertulis, Minggu (28/7/2024).

Kemudian, terlihat juga Komisaris PT Kilang Pertamina Internasional Prabu Revolusi mengunjungi pameran tersebut. Prabu mengapresiasi keberadaan GIIAS 2024 yang begitu megah dan menarik antusias para pengunjung.

"Saya mengapresiasi adanya pameran ini, terlihat megah dan pengunjung juga terlihat antusias," kata dia.

Prabu kemudian mengunjungi booth Pertamina dan menyambut baik adanya hasil positif dari uji coba bioethanol milik Pertamina di mobil buatan Toyota.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sebut Tunjukkan Komitmen Pertamina

Prabu Revolusi. (Foto: Instagram @zeezeeshahab)
Prabu Revolusi. (Foto: Instagram @zeezeeshahab)

Prabu menilai, keberhasilan uji coba bioethanol ini adalah upaya dari Pertamina dalam mendorong transisi energi. Sebelumnya, Pertamina juga sukses dan berhasil dalam memproduksi biosolar dan bioavtur.

"Suksesnya uji coba Bioethanol kemarin menunjukkan komitmen Pertamina pada transisi energi. Sebelumnya, kita juga sudah berhasil memproduksi biosolar dan bioavtur," papar dia.

Prabu menambahkan, Kilang Pertamina Internasional saat ini sedang menyiapkan dan akan mengoptimalisasi green refinery untuk mendukung produksi produk bioenergi kedepannya.

Ia juga menambahkan bahwa, anak usaha Pertamina ini juga tengah mempersiapkan BBM rendah sulfur untuk solar atau diesel yang rencananya akan dilakukan uji coba pada 17 Agustus mendatang. Adapun BBM ramah lingkungan ini akan diproduksi di Kilang Balongan RU VI dan sudah memenuhi standar Euro IV.

"Kilang Pertamina sedang menyiapkan dan akan mengoptimalisasi green refinery untuk mendukung produksi produk produk bioenergi. Kilang Pertamina Internasional juga tengah mempersiapkan bbm rendah sulfur untuk solar atau diesel," ucap dia.

"Rencananya akan diujicobakan pada tanggal 17 Agustus. BBM ini diproduksi di Kilang Balongan RU VI," sambung Prabu.

Menurut dia, optimalisasi green refinery ini menjadi bukti, Kilang Pertamina Internasional dalam meningkatkan komitmen transisi energi dan juga menyiapkan bahan bakar rendah emisi yang aman untuk lingkungan.

"Artinya Kilang Pertamina Internasional akan terus meningkatkan komitmen dalam transisi energi dan juga menyiapkan bahan bakar rendah emisi yang aman untuk lingkungan," pungkas Prabu.

Infografis 4 Persiapan Pertamina Batasi Pembelian BBM Subsidi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Persiapan Pertamina Batasi Pembelian BBM Subsidi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya