Sejumlah Rumah Rusak Akibat Ledakan Gas di Cengkareng Jakbar

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menjelaskan, ledakan terjadi pada pukul 05:00 WIB. Awalnya, terdengar bunyi ledakan dari salah rumah No. 32.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 01 Agu 2024, 13:40 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2024, 13:34 WIB
Ilustrasi kebakaran. (Unsplash)
Ilustrasi kebakaran. (Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah rumah di Perumahan Taman Kencana Jalan Kaliandra Blok C7, Cengkareng Barat, Jakarta Barat, rusak imbas ledakan yang terjadi pada Kamis (1/8/2024). Polisi menduga, sumber ledakan berasal dari kebocoran tabung gas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menjelaskan, ledakan terjadi pada pukul 05:00 WIB. Awalnya, terdengar bunyi ledakan dari salah rumah No. 32.

Kejadian itu pun menimbulkan kerusakan pada bangunan. Dilaporkan, ada dua bangunan rumah hancur. Selain itu, 10 rumah dan satu musala ikut terkena dampak.

"Ledakan mengakibatkan dua bangunan rumah hancur dan sekitar 10 rumah dan 1 musala terdampak ledakan," kata Ade Ary dalam keterangan tertulis, Kamis (1/8/2024).

Ade Ary mengatakan, ledakan menimbulkan korban luka. Hal itu dialami oleh keluarga MAI. Rumah yang berlokasi di Jalan Kaliandra V Blok C6 No.12, Cengkareng Jakarta Barat dihuni oleh tujuh orang. Adapun, tiga orang berusia dewasa dan 4 anak kecil.

"Tiga orang luka luka lecet akibat kejatuhan reruntuhan plafon dan kaca," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perawatan

Saat ini, korban luka sedang menjalani perawatan medis RSUD Cengkareng dan Rumah Sakit PIK. Sementara itu, hasil penyelidikan penyebab ledakan diduga akibat kebocoran tabung gas 12 kilogram.

"Hasil penyelidikan dari Pihak Jibom Polda Metro Jaya diduga ledakan tersebut akibat kebocoran dari Tabung Gas 12 kilogram," tandas dia.


Imbauan

Terkait hal ini, Ade Ary mengimbau kepada masyarakat untuk mengecek secara berkala keamanan serta kelayakan tabung gas yang digunakan di rumah. Hal ini sebagai upaya preventif untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan pada saat penggunaan tabung gas.

"Pemeriksaan secara berkala terhadap kelayakan tabung gas merupakan hal yang sangat penting demi keamanan semua pihak,” ujar dia.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya