Cagub Maluku Utara Benny Laos Dimakamkan di Jakarta

Speedboat yang ditumpangi Benny Laos mengalami kecelakaan di Bobobong, Kabupaten Pulau Taliabu pada Sabtu 12 Oktober 2024.

oleh Mevi Linawati diperbarui 13 Okt 2024, 10:52 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2024, 10:50 WIB
Speed boat yang ditumpangi rombongan pasangan calon gubernur Maluku Utara nomor urut 4 Benny Laos-Sabrin Sehe, terbakar pada Sabtu (12/10/2024).
Speed boat yang ditumpangi rombongan pasangan calon gubernur Maluku Utara nomor urut 4 Benny Laos-Sabrin Sehe, terbakar pada Sabtu (12/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Maluku Utara (Malut) Benny Laos akan dikebumikan di Jakarta setelah mengalami insiden kecelakaan speedboat Bela 72 yang ditumpanginya saat mengikuti kampanye di Bobobong, Kabupaten Pulau Taliabu, Sabtu 12 Oktober 2024.

"Hari ini jenazah Cagub Malut Benny Laos diterbangkan menggunakan helikopter ke Luwuk, Sulawesi Tengah, kemudian dibawa dengan pesawat carteran ke Jakarta," kata Muksin Amrin, Juru Bicara pasangan Benny Laos-Sarbin Sehe di Ternate, Minggu (13/10/2024), seperti dilansir Antara.

Menurut Muksin Amrin, jenazah Benny Laos setelah semalam disemayamkan di Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu, dijadwalkan diberangkatkan ke Jakarta bersama istri dan keluarga terdekatnya pada hari ini.

Selain itu, rencananya, pihak keluarga akan menunggu anak sulung Benny Laos bernama Adbert Laos yang sedang kuliah di Amerika dan akan kembali ke Tanah Air untuk mengikuti pemakaman ayahnya di tempat peristirahatan terakhir.

Sedangkan korban lainnya, yakni Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Malut, almarhum Mubin A Wahid telah diberangkatkan dari Pulau Taliabu menuju Kota Ternate untuk dikebumikan.

Begitu pula korban lainnya yang meninggal dunia dalam insiden terbakarnya speedboat Bela 72 akan dikebumikan di daerahnya masing-masing.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, menyebut korban speedboat ditumpangi Calon Gubernur (Cagub) Benny Laos bersama rombongan di Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu, Sabtu, berjumlah 33 orang.

Kepala Basarnas Ternate Fathurahman mengatakan, penumpang speedboat Bela 72 berjumlah 33 orang dan dilaporkan 27 orang selamat serta enam orang di antaranya termasuk Cagub Benny Laos meninggal dunia.

Daftar Korban Meninggal

Speed boat yang ditumpangi rombongan pasangan calon gubernur Maluku Utara nomor urut 4 Benny Laos, terbakar pada Sabtu (12/10/2024).
Speed boat yang ditumpangi rombongan pasangan calon gubernur Maluku Utara nomor urut 4 Benny Laos, terbakar pada Sabtu (12/10/2024).

Oleh karena itu, kata Fathurahman, pukul 20.30 Wit, proses evakuasi dari Bassrnas telah dihentikan. Sedangkan untuk posisi bangkai kapal sudah ditarik ke bibir pantai dan dipastikan tidak lagi ditemukan adanya korban di dalam speedboat.

Untuk korban meninggal sebanyak enam orang, yakni:

1. Benny Laos (Calon Gubernur Maluku Utara)

2. Ester Tantry (Anggota DPRD Provinsi Malut)

3. Anggota Polri pengawal Cabup Kepulauan Sula, Bripka Hamdani Boamonabot

4. Mubin A. Wahid yang juga Ketua DPW Partai PPP Provinsi Malut

5. PNS Pemkab Kepulauan Sula, Nasrun

6. Mahsudin Ode Muisi

 

Untuk data korban menjalani perawatan di RSUD sebanyak 10 orang, yakni:

1. Sherly Tjoanda

2. Hendrata Thes,

3. Amir

4. Ajam

5. Irsan

6. Sance

7. Dian Jurak,

8. Faisal

9. Susianto

10. Mariana Meskopa

 

Untuk data korban selamat sebanyak 17 orang, yakni:

1. Sarkah (Jurkam)

2. Alimin (Jurkam)

3. Nurdian (Tim)

4. Robi (ABK)

5. Amat (Kep/ABK)

6. Wawan (ABK)

7. Siwa (ABK)

8. Jomil Ibrahim (Ajudan)

9. Karno (Ajudan)

10. Kamal (Ajudan)

11. Nursita (Sespri)

12. Iren (Media)

13. Eno (Media)

14. Nursan (Pembantu)

15. Ikbal (Media)

16. Vega

17. Fadli

 

 

Infografis Kasus Kecelakaan Bus Pariwisata Saat Study Tour
Infografis Kasus Kecelakaan Bus Pariwisata Saat Study Tour.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya