Kesaksian `R` Saksi Pertama Hilangnya 4 Lempeng Emas Museum Gajah

"24 jam sebelumnya, Selasa 10 September pagi, R melap lemari tempat artefak itu dan kata dia masih ada. Tapi keesokan harinya hilang,

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 13 Sep 2013, 16:39 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2013, 16:39 WIB
artefaki-1-130913b.jpg
Polisi telah memeriksa 28 orang menyusul hilangnya 4 artefak emas di ruang Khazanah Museum Nasional atau Museum Gajah, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Seorang office boy berinisial R merupakan orang yang pertama kali mengetahui hilangnya 3 lempengan emas dan wadah zaman Mataram Kuno itu.

"Setelah dia tahu artefak itu hilang dia langsung lapor ke pihak keamanan," kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Jakarta Pusat AKBP Tatan Dirsan, Jumat (13/9/2013).

Tatan mengungkapkan petugas museum R mengaku, sehari sebelum kejadian 4 artefak itu masih ada. Itu diketahui karena R sedang bertugas membersihkan lemari penyimpanan di ruangan Khazanah Emas.

"24 jam sebelumnya, Selasa, 10 September pagi, R melap lemari tempat artefak dan kata dia masih ada. Tapi keesokan harinya, Rabu, 11 September sekitar pukul 8 dia melap kaca tersebut dan sudah tidak ada," kata Tatan di Polres Metro Jakarta Barat.

Tatan menambahkan setelah mengetahui keempat artefak itu hilang R langsung melaporkan kejadian itu ke petugas sekuriti setempat. (Adi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya