Honda Prelude 2026 Diprediksi Usung Mesin Hybrid dan Bertransmisi Manual

Honda Prelude 2026 dikabarkan akan menggabungkan transmisi manual dengan tenaga hybrid. Meski sudah hampir rampung, Honda masih merahasiakan spesifikasi dari mobil tersebut.

oleh Rendy Yansah diperbarui 29 Sep 2024, 20:11 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2024, 20:11 WIB
Honda Prelude
Honda Prelude Concept hadir dengan membawa konsep dan teknologi berbeda yang mengikuti perkembangan zaman.

Liputan6.com, Jakarta - Rilisnya konsep Honda Prelude pada tahun lalu menjadi perhatian bagi dunia otomotif. Kini, mobil bergaya coupe itu hampir selesai produksinya dan siap meramaikan pasar di Jepang.

Meski sudah hampir rampung, Honda masih merahasiakan spesifikasi dari mobil tersebut. Hal ini membuat sejumlah media berspekulasi tentang fitur-fitur di dalamnya.

Sebuah informasi beredar mengungkapkan jika Prelude mungkin akan menggabungkan powertrain hybrid dengan transmisi manual enam percepatan. 

Honda Prelude sebelumnya memiliki tampilan sebagai hatchback lima pintu dan sedan empat pintu.

Prelude generasi keenam ini diharapkan akan memiliki struktur yang sama dengan Honda Civic, dan mempertahankan identitasnya sebagai coupe dua pintu. 

Saat ini varian paling sporty dari jajaran Honda adalah Civic trim RS, yang pada awal tahun ini telah diperkenalkan di Jepang sebagai sedan facelift.

Versi RS facelift ini dilengkapi dengan transmisi manual enam percepatan yang dikawinkan dengan mesin 1,5 liter turbocharged khusus ICE, serta fitur rev-matching dan pengaturan suspensi yang lebih sporty.

Dilansir dari Carscoops pada (27/9/2024), menurut media Jepang Best Car, sejumlah sumber telah mengisyaratkan bahwa, selain CVT konvensional, Prelude juga dapat menawarkan transmisi manual yang dipadukan dengan sistem e-hybrid Honda.

Jika kabar tersebut benar, Prelude akan menjadi model Honda pertama sejak CR-Z dihentikan, yang memiliki transmisi manual dalam pengaturan hybrid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Spekulasi Tenaga Penggerak Honda Prelude 2026

Sistem penggerak listriknya diharapkan akan menggabungkan mesin empat silinder 2.0 liter dengan dua motor listrik, mirip dengan yang ada di model Civic dan Accord e:HEV.

Kombinasi ini digadang-gadang dapat memberikan performa dan efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan pesaing yang tidak menggunakan daya listrik.

Model coupe dua pintu lainnya yang berada di segmen kompak adalah Toyota GR 86 dan Subaru BRZ, yang keduanya menawarkan opsi transmisi manual dengan didukung mesin ICE non-hybrid.

Selain itu, ada juga kabar kemungkinan kembalinya Toyota Celica, yang dapat menggunakan mesin 2.0 liter turbocharged baru dengan opsi transmisi manual dan otomatis.

Versi produksi Honda Prelude yang dihidupkan kembali sejak terakhir terbit pada 2001. Prelude dijadwalkan akan rilis pada paruh kedua 2025. Honda telah mengkonfirmasi akan meramaikan pasar Jepang dan Eropa.

Namun, ada kemungkinan juga Prelude hadir di pasar Amerika Serikat, karena Honda telah memamerkan konsep tersebut di Los Angeles pada gelaran Auto Show 2023.

 

 

Infografis Otomotif Indonesia
Indonesia masih juarai penjualan mobil se-ASEAN (liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya