Budaya Unik Warga Korea Selatan Gemar Minum Es Americano

oleh Arny Christika Putri, diperbarui 11 Feb 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 11 Feb 2023 18:00 WIB
Kecintaan Korea Selatan pada es Americano
Salah satu varian kopi yang paling populer saat ini adalah Americano. Jenis satu ini merupakan rasa kopi yang terbuat dari espreso atau kopi pekat asli ditambah air saja. Bahkan, kopi Americano ini kerap kali muncul dalam tayangan drama Korea atau menjadi kegemaran idol K-Pop.
Foto 1 dari 7
Kecintaan Korea Selatan pada es Americano
Foto yang diambil pada 26 Januari 2023 ini menunjukkan pekerja kantoran Jeong Jae-won berpose dengan es Americano selama wawancara dengan AFP di sebuah jalan di Seoul, Korea Selatan. Bahkan, kopi Americano ini kerap kali muncul dalam tayangan drama Korea atau menjadi kegemaran idol K-Pop. (Photo by Jung Yeon-je / AFP)
Foto 2 dari 7
Kecintaan Korea Selatan pada es Americano
Gambar yang diambil pada 26 Januari 2023 ini menunjukkan pekerja kantoran Lee Ju-eun memegang es Americano selama wawancara dengan AFP di sebuah jalan di Seoul, Korea Selatan. Penggemar sangat berdedikasi untuk mengkonsumsinya sepanjang tahun, mereka telah menciptakan pepatah Korea Selatan baru: “Es Americano, meskipun saya mati kedinginan”. (Photo by Jung Yeon-je / AFP)
Foto 3 dari 7
Kecintaan Korea Selatan pada es Americano
Gambar pada 26 Januari 2023 ini menunjukkan orang-orang memegang es Americano selama wawancara dengan AFP di sebuah jalan di Seoul. Kopi sederhana -- segelas espresso yang disajikan di atas es, ditambag dengan air -- telah menjadi minuman nasional tidak resmi Korea Selatan, melebihi penjualan rekannya yang panas bahkan selama musim dingin yang mengigit, data Starbucks menunjukkan. (Jung Yeon-je / AFP)
Foto 4 dari 7
Kecintaan Korea Selatan pada es Americano
Gambar yang diambil pada 26 Januari 2023 ini menunjukkan akuntan Lee Dae-hee meminum es Americano selama wawancara dengan AFP di sebuah jalan di Seoul, Korea Selatan. Rata-rata orang Korea Selatan minum 353 cangkir per tahun, lebih dari dua kali lipat rata-rata global, menurut sebuah studi tahun 2019 oleh Hyundai Research Institute. (Jung Yeon-je / AFP)
Foto 5 dari 7
Kecintaan Korea Selatan pada es Americano
Gambar pada 26 Januari 2023 ini memperlihatkan seorang karyawan membagikan minuman kopi panas dan dingin kepada seorang pelanggan di sebuah kafe di Seoul, Korea Selatan. Budaya kopi bahkan telah melahirkan bahasanya sendiri. Iced Americano dikenal sebagai "Ah-Ah" dan peminum beratnya dikenal sebagai "Eoljuka", kontraksi dari peribahasa baru yang menyatakan mereka akan mati kedinginan untuk minuman mereka. (Jung Yeon-je / AFP)
Foto 6 dari 7
Kecintaan Korea Selatan pada es Americano
Foto pada 26 Januari 2023 ini menunjukkan Kim Bum-soo berbicara di depan kafenya saat wawancara dengan AFP di Seoul, Korea Selatan. Bukan hanya pekerja kantoran yang menyukai minuman ini. Megastar K-Pop Suga dari BTS sering difoto dengan es Americano di tangan, meskipun memberi tahu penggemar bahwa dia sedang berusaha mengurangi kafein. (Jung Yeon-je / AFP)
Foto 7 dari 7
Kecintaan Korea Selatan pada es Americano
Foto yang diambil pada 26 Januari 2023 ini memperlihatkan pemilik kafe Kim Bum-soo (kanan) sedang membuat minuman kopi di kafenya di Seoul. Bahkan selama cuaca dingin di bulan Januari, toko Starbucks di Korea Selatan menjual lebih banyak es Americano -- 54 persen -- daripada yang panas. (Jung Yeon-je / AFP)