Penjelasan Ending Drakor The Glory soal Nasib Kuartet Geng Perundung: Kena Karma dan Benar-Benar Kemakan Omongan Sendiri

oleh Ratnaning Asih, diperbarui 21 Mar 2023, 08:49 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2023 17:40 WIB
Lim Ji Yeon dalam drakor The Glory. (Foto: Graphyoda/Netflix)
Drakor The Glory memang telah tamat setelah bagian keduanya rilis pada 10 Maret 2023 lalu. Namun gaungnya masih terdengar, lebih dari seminggu setelah penayangannya. Termasuk diskusi soal nasib anggota geng yang merundung Moon Dong Eun (Song Hye Kyo). Sebagai peringatan, artikel ini mengandung spoiler ending The Glory.
Foto 1 dari 6
Kim Gun Woo dalam drakor The Glory. (Foto: Graphyoda/Netflix)
Myeong O (Kim Gun Woo) pernah mengejek Moon Dong Eun yang membaca tatonya yang berbunyi "Memento Mori" hanya di bagian kata terakhirnya saja. Padahal "Mori" adalah kata yang bermakna kematian" dalam bahasa Latin. Dan ini pula nasib yang didapat Myeong O. (Foto: Graphyoda/Netflix)
Foto 2 dari 6
Kim Hieora dalam drakor The Glory. (Foto: Graphyoda/Netflix)
"Yang akan terpengaruh adalah kamu, bukan orang normal seperti kami," kata Lee Sa Ra (Kim Hieora) saat Park Yeon Jin takut masalah perundungan masa lalu terekspos. Pada akhirnya, awal kejatuhan dirinya dan keluarganya terjadi saat kejahatan mereka yang lain diungkap dan jadi bulan-bulanan media. (Foto: Graphyoda/Netflix)
Foto 3 dari 6
Cha Joo Young dalam serial The Glory. (Foto: Graphyoda/Netflix)
Di antara rekan-rekannya, Hye Jeong (Cha Joo Young) adalah orang yang paling "ember" alias gampang mengumbar rahasia atau kelemahan orang, terutama demi kepentingannya. Pada akhirnya, ia tak bisa lagi "bernyanyi" soal rahasia, bahkan bersuara pun ia tak sanggup. (Foto: Graphyoda/Netflix)
Foto 4 dari 6
Park Sung Hoon dalam serial The Glory. (Foto: Graphyoda/Netflix)
Jae Joon (Park Sung Hoo) sulit mengontrol emosinya. Saat sekolah ia memukuli temannya, karena tersinggung soal dirinya yang buta warna. "Aku mungkin buta warna, tapi aku tak buta!" begitu kata-kata yang ia ucapkan di sela amarah. Coba tebak, siapa yang akhirnya tak bisa melihat, sampai akhirnya jadi "tumbal proyek." (Foto: Graphyoda/Netflix)
Foto 5 dari 6
The Glory. (Foto: Graphyoda/Netflix)
Karma yang benar-benar berbalik 180 derajat dalam The Glory dialami Park Yeon Jin (Lim Ji Yeon). Seperti Moon Dong Eun masa sekolah, ia tak lagi punya apa-apa, atau sosok untuk berlindung. Dari adegan akhir, ia juga diduga dirundung teman-teman satu selnya, dan hanya bisa menuruti permintaan mereka dengan senyum palsu di wajah. (Foto: Graphyoda/Netflix)
Foto 6 dari 6
Song Hye Kyo dan Lee Do Hyun dalam drakor The Glory. (Foto: Graphyoda/Netflix)
Lantas bagaimana dengan Moon Dong Eun setelah pembalasan dendamnya rampung? Kini ia bertukar tempat dengan Yeo Jeong (Lee Do Hyun), menjadi algojo untuk membantu pembalasan dendam sang dokter muda. "Siapa yang harus kubunuh?" kata Moon Dong Eun. (Foto: Graphyoda/Netflix)