Kebakaran Hutan Sebabkan Kualitas Udara Buruk di Kanada

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 07 Jun 2023, 10:05 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2023 10:05 WIB
Kebakaran Hutan Kanada
Kanada saat ini sedang menghadapi kebakaran hutan yang sangat parah, menyakitkan, dan memilukan, kata Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Dia menekankan bahwa Kanada saat ini menghadapi "musim kebakaran hutan yang sangat parah". Kanada sedang bekerja sama dengan beberapa negara seperti Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Prancis untuk pemadaman api.
Foto 1 dari 7
Kebakaran Hutan Kanada
Seorang pengendara sepeda memakai masker saat kualitas udara yang buruk karena asap dari kebakaran hutan di Ontario dan Quebec di Ottawa, Kanada, Selasa (6/6/2023). (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)
Foto 2 dari 7
Kebakaran Hutan Kanada
Kanada saat ini sedang menghadapi kebakaran hutan yang sangat parah, menyakitkan, dan memilukan, kata Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)
Foto 3 dari 7
Kebakaran Hutan Kanada
Trudeau menekankan bahwa Kanada saat ini menghadapi "musim kebakaran hutan yang sangat parah". Kanada sedang bekerja sama dengan beberapa negara seperti Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Prancis untuk pemadaman api. (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)
Foto 4 dari 7
Kebakaran Hutan Kanada
Kanada terus melatih petugas pemadam kebakaran melalui Wildfire Training Fund, sebuah inisiatif pemerintah dalam mendukung lebih dari 300 petugas pemadam kebakaran dan 125 penjaga kebakaran dari kalangan masyarakat adat untuk dipekerjakan dan dilatih musim ini. (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)
Foto 5 dari 7
Kebakaran Hutan Kanada
Sejauh ini pada 2023, telah terjadi 2.214 kebakaran hutan secara nasional, dan sekitar 3,3 juta hektare telah terbakar, kata Menteri Keamanan Publik Bill Blair. (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)
Foto 6 dari 7
Kebakaran Hutan Kanada
"Saat ini ada 413 kebakaran hutan yang terjadi dan 249 di antaranya dianggap tidak terkendali. Ada juga 18 kebakaran hutan aktif yang secara khusus berdampak pada penduduk asli Kanada, dengan enam kebakaran di Alberta, lima di Saskatchewan, satu di Wilayah Barat Laut, empat di Quebec dan dua di Nova Scotia," ujar Blair. (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)
Foto 7 dari 7
Kebakaran Hutan Kanada
Hingga 5 Juni 2023, diperkirakan 26.000 orang telah dievakuasi dari rumah mereka karena dihadapkan dengan kebakaran hutan sejak awal Mei. Saat ini ada lebih dari 1.000 petugas pemadam kebakaran yang membantu memadamkan api dari AS, Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan. Kanada berharap akan ada petugas pemadam kebakaran tambahan dari Prancis. (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)