Gunung Berapi Paling Aktif di Filipina Erupsi, Ribuan Warga Diungsikan

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 13 Jun 2023, 09:05 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2023 09:05 WIB
Pengungsi Gunung Mayon Filipina
Gunung Mayon yang merupakan gunung berapi paling aktif di Filipina memuntahkan lahar panas sehingga memaksa ribuan orang yang tinggal di dekatnya berlindung di pusat-pusat evakuasi. Para pejabat memperingatkan tentang risiko kesehatan dari abu dan gas beracun yang dimuntahkan dari kawah gunung itu yang bergemuruh.
Foto 1 dari 8
Pengungsi Gunung Mayon Filipina
Seorang pengungsi beristirahat di sebuah pusat evakuasi di Guinabotan, Provinsi Albay, timur laut Filipina, Senin (12/6/2023). Gunung Mayon yang merupakan gunung berapi paling aktif di Filipina memuntahkan lahar panas. (AP Photo/Aaron Favila)
Foto 2 dari 8
Pengungsi Gunung Mayon Filipina
Ribuan orang yang tinggal dekat Gunung Mayon diperintahkan berlindung di pusat-pusat evakuasi. Para pejabat memperingatkan tentang risiko kesehatan dari abu dan gas beracun yang dimuntahkan dari kawah gunung itu yang bergemuruh. (AP Photo/Aaron Favila)
Foto 3 dari 8
Pengungsi Gunung Mayon Filipina
Peneliti seismologi mengatakan, mereka telah mencatat setidaknya satu gempa vulkanik dalam 24 jam terakhir dan bebatuan panas jatuh dari Gunung Mayon. (AP Photo/Aaron Favila)
Foto 4 dari 8
Pengungsi Gunung Mayon Filipina
Lebih dari 12.800 orang telah dipindahkan ke pusat-pusat evakuasi, kata Kantor Pertahanan Sipil Filipina. Kebanyakan warga berasal dari desa pertanian di atau dekat kaki gunung berapi tersebut. (AP Photo/Aaron Favila)
Foto 5 dari 8
Pengungsi Gunung Mayon Filipina
"Ada risiko kesehatan bersamaan saat berada dekat dengan letusan karena menghirup gas sulfur dioksida atau partikel abu yang jatuh," kata Menteri Kesehatan Filipina, Teodoro Herbosa dalam konferensi pers, seperti dikutip dari AFP. (AP Photo/Aaron Favila)
Foto 6 dari 8
Pengungsi Gunung Mayon Filipina
Gunung Mayon, sekitar 330 Km tenggara Ibu Kota Manila, dianggap sebagai salah satu dari 24 gunung berapi aktif negara itu yang paling bergejolak. (AP Photo/Aaron Favila)
Foto 7 dari 8
Pengungsi Gunung Mayon Filipina
Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina mengatakan bebatuan yang jatuh dari kubah lava yang hancur terdorong keluar dari kawah oleh material cair di bawah bumi. (AP Photo/Aaron Favila)
Foto 8 dari 8
Pengungsi Gunung Mayon Filipina
Batu-batu itu menghujani area hingga dua kilometer jauhnya dan emisi sulfur dioksida meningkat tiga kali lipat pada hari Sabtu, kata ahli vulkanologi negara bagian. (AP Photo/Aaron Favila)