Ritual Kuno, Wali Kota di Meksiko Nikahi Buaya Betina Demi Kemakmuran

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 01 Jul 2023, 12:05 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2023 12:05 WIB
Wali Kota Meksiko Nikahi Buaya
Wali Kota San Pedro Huamelula, Victor Hugo Sosa menikahi buaya bernama "La Niña Princesa" (Gadis Putri). Ritual kuno yang telah berlangsung lebih dari 230 tahun ini menyatukan dua etnis dalam pernikahan untuk membawa kemakmuran dan kedamaian. Buaya diarak keliling masyarakat sebelum didandani sebagai pengantin dan dinikahi Wali Kota San Pedro Huamelula. Menurut kepercayaan, persatuan antara manusia dan buaya ini akan membawa berkah seperti panen yang baik dan hasil tangkapan yang melimpah.
Foto 1 dari 8
Wali Kota Meksiko Nikahi Buaya
Wali Kota San Pedro Huamelula, Victor Hugo Sosa mencium buaya bernama "La Niña Princesa" (Gadis Putri) sebelum menikahinya di San Pedro Huamelula, Negara Bagian Oaxaca, Meksiko, Jumat (30/6/2023). (RUSVEL RASGADO/AFP)
Foto 2 dari 8
Wali Kota Meksiko Nikahi Buaya
Ritual kuno yang telah berlangsung lebih dari 230 tahun ini menyatukan dua etnis dalam pernikahan untuk membawa kemakmuran dan kedamaian. (RUSVEL RASGADO/AFP)
Foto 3 dari 8
Wali Kota Meksiko Nikahi Buaya
Buaya diarak keliling masyarakat sebelum didandani sebagai pengantin dan dinikahi Wali Kota San Pedro Huamelula. (RUSVEL RASGADO/AFP)
Foto 4 dari 8
Wali Kota Meksiko Nikahi Buaya
Menurut kepercayaan, persatuan antara manusia dan buaya ini akan membawa berkah seperti panen yang baik dan hasil tangkapan yang melimpah. (RUSVEL RASGADO/AFP)
Foto 5 dari 8
Wali Kota Meksiko Nikahi Buaya
Reptil yang dinikahi tersebut baru saja berusia tujuh tahun. Adapun ia dipercaya merupakan perwujudan dari Ibu Pertiwi dan pernikahan tersebut merupakan lambang penyatuan manusia dengan dewa. (RUSVEL RASGADO/AFP)
Foto 6 dari 8
Wali Kota Meksiko Nikahi Buaya
Pada pernikahan tersebut, terlihat para warga mendandani buaya dengan gaun pengantin putih. Bahkan, buaya betina itu menggunakan renda-renda kepala berhiaskan bunga seperti pengantin manusia pada umumnya. (RUSVEL RASGADO/AFP)
Foto 7 dari 8
Wali Kota Meksiko Nikahi Buaya
Musik tradisional pun dikumandangkan sepanjang prosesi pernikahan. Para tamu yang datang terlihat bersuka ria sembari meminta kepada pemimpin adat untuk mencium pengantin barunya tersebut. (RUSVEL RASGADO/AFP)
Foto 8 dari 8
Wali Kota Meksiko Nikahi Buaya
Sebagai informasi, ritual pernikahan tersebut memang merupakan tradisi yang diwariskan sejak berabad-abad lalu. Adapun diketahui tradisi tersebut diturunkan dari masa pra-Hispanik di antara komunitas adat Chontal dan Huave di Negara Bagian Oaxaca. (RUSVEL RASGADO/AFP)