Pekan Ini, Rusia Akan Luncurkan Misi ke Bulan

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 08 Agu 2023, 07:05 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2023 07:05 WIB
Rusia Luncurkan Misi ke Bulan
Rusia mengatakan pada 7 Agustus 2023 berencana untuk meluncurkan pendarat bulan akhir pekan ini setelah beberapa kali penundaan, berharap untuk kembali ke Bulan untuk pertama kalinya dalam hampir lima puluh tahun.
Foto 1 dari 8
Rusia Luncurkan Misi ke Bulan
Foto selebaran ini diambil dan dirilis oleh Badan Antariksa Rusia Roscosmos pada 7 Agustus 2023, menunjukkan para teknisi menyelesaikan perakitan roket Soyuz 2.1b yang membawa pendarat Luna-25 sebelum peluncurannya yang dijadwalkan pada 11 Agustus 2023 di Kosmodrom Vostochny, sekitar 180 km sebelah utara Blagoveschensk, di wilayah Amur. (Handout/Russian Space Agency Roscosmos/AFP)
Foto 2 dari 8
Rusia Luncurkan Misi ke Bulan
Rusia mengatakan pada 7 Agustus 2023 berencana untuk meluncurkan pendarat bulan akhir pekan ini setelah beberapa kali penundaan, berharap untuk kembali ke Bulan untuk pertama kalinya dalam hampir lima puluh tahun. (Handout/Russian Space Agency Roscosmos/AFP)
Foto 3 dari 8
Rusia Luncurkan Misi ke Bulan
Pendarat bulan Luna-25, yang pertama di Rusia sejak 1976, akan diluncurkan dari Kosmodrom Vostochny, sekitar 5.550 km timur Moskow, menurut badan antariksa Roscosmos Rusia, Senin, 7 Agustus 2023. (Handout/Russian Space Agency Roscosmos/AFP)
Foto 4 dari 8
Rusia Luncurkan Misi ke Bulan
Rusia akan mengevakuasi sebuah desa di wilayah timur jauh pada 11 Agustus 2023 sebagai bagian dari peluncuran misi pendarat Bulan pertama negara itu dalam hampir setengah abad. (Handout/Russian Space Agency Roscosmos/AFP)
Foto 5 dari 8
Rusia Luncurkan Misi ke Bulan
Penduduk pemukiman Shakhtinskyi di wilayah Khabarovsk Rusia, sebelah tenggara lokasi peluncuran, akan dievakuasi pada 11 Agustus pagi, karena roket pendorong diprediksi akan jatuh di desa itu setelah terpisah dari pesawat. (Handout/Russian Space Agency Roscosmos/AFP)
Foto 6 dari 8
Rusia Luncurkan Misi ke Bulan
"Muara sungai Umalta, Ussamakh, Lepikan, Tastakh, Saganar dan area penyeberangan feri di Sungai Bureya termasuk dalam zona jatuh (roket)," kata Alexei Maslov, kepala distrik Verkhnebureinskyi di wilayah Khabarovsk, di aplikasi perpesanan Telegram. "Penduduk Shakhtinskyi akan dievakuasi." (Handout/Russian Space Agency Roscosmos/AFP)
Foto 7 dari 8
Rusia Luncurkan Misi ke Bulan
Luna-25 akan diluncurkan dengan pendorong Soyuz-2 Fregat dan menjadi pendarat pertama yang tiba di Kutub Selatan bulan, kata Roscosmos. (Handout/Russian Space Agency Roscosmos/AFP)
Foto 8 dari 8
Rusia Luncurkan Misi ke Bulan
Tujuan utama misi ini adalah pengembangan teknologi pendaratan lunak, penelitian struktur internal Bulan, dan eksplorasi sumber daya, termasuk air. Luna-25 diharapkan beroperasi di permukaan bulan selama satu tahun. (Handout/Russian Space Agency Roscosmos/AFP)