Kegembiraan Warga India Menyaksikan Keberhasilan Chandrayaan-3 Mendarat di Bulan

oleh Johan Fatzry, diperbarui 24 Agu 2023, 07:05 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2023 07:05 WIB
Chandrayaan-3 India
Wahana antariksa Chandrayaan-3 resmi mendarat di Bulan, Rabu (23/8/2023) dalam sebuah misi eksplorasi. India sukses menciptakan sejarah ketika misi Chandrayaan-3 berhasil mendarat di wilayah kutub bagian selatan Bulan. Keberhasilan tersebut menempatkan India sebagai salah satu kekuatan luar angkasa, hanya beberapa hari setelah pesawat pendarat serupa dari Rusia jatuh.
Foto 1 dari 8
Chandrayaan-3 India
Orang-orang bergembira saat mereka menonton siaran langsung pendaratan Chandrayaan-3, atau “pesawat bulan” dalam bahasa Sansekerta, di Mumbai, India, Rabu, 23 Agustus 2023. AP Photo/Rajanish Kakade)
Foto 2 dari 8
Chandrayaan-3 India
India telah mendaratkan pesawat ruang angkasa di dekat kutub selatan bulan, sebuah wilayah yang belum dipetakan yang diyakini para ilmuwan dapat menyimpan cadangan penting air beku dan unsur-unsur berharga, seiring dengan semakin kuatnya negara ini dalam bidang ruang angkasa dan teknologi. (AP Photo/Aijaz Rahi)
Foto 3 dari 8
Chandrayaan-3 India
Keberhasilan tersebut menempatkan India sebagai salah satu kekuatan luar angkasa, hanya beberapa hari setelah pesawat pendarat serupa dari Rusia jatuh. (AP Photo/Manish Swarup)
Foto 4 dari 8
Chandrayaan-3 India
Ini adalah upaya kedua India untuk mendaratkan pesawat luar angkasa di bulan dan dilakukan kurang dari seminggu setelah misi Luna-25 Rusia gagal. (AP Photo/Aijaz Rahi)
Foto 5 dari 8
Chandrayaan-3 India
Orang-orang di seluruh negeri terpaku pada layar televisi dan berdoa ketika pesawat ruang angkasa itu mendekati permukaan. (AP Photo/Rajanish Kakade)
Foto 6 dari 8
Chandrayaan-3 India
Chandrayaan-3 berhasil mendarat sesuai rencana pada 18:04 waktu setempat (12:34 GMT), dikutip dari laman BBC, Rabu (23/8/2023). (AP Photo/Mahesh Kumar A.)
Foto 7 dari 8
Chandrayaan-3 India
Perayaan digelar di seluruh negeri. Tak lupa Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan "India kini berada di Bulan". (AP Photo/Aijaz Rahi)
Foto 8 dari 8
Chandrayaan-3 India
Kepala Organisasi Penelitian Ruang Angkasa India (ISRO) Sreedhara Panicker Somanath mengatakan, keberhasilan pendaratan “bukanlah pekerjaan kami sendiri, ini adalah pekerjaan generasi ilmuwan ISRO”. (AP Photo/Mahesh Kumar A.)