Melihat Kapal Rumah Sakit TNI AL yang Akan Jalankan Misi Kemanusiaan ke Gaza Palestina

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 30 Nov 2023, 21:35 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2023 21:35 WIB
Kapal Rumah Sakit TNI AL
KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang juga berfungsi sebagai rumah sakit bantu berlayar dari Surabaya ke Jakarta untuk mengangkut bantuan kemanusiaan menuju Gaza, Palestina. KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 tinggal menunggu izin dari Kementerian Luar Negeri yang berhubungan dengan pihak pemerintah Mesir dengan tujuan kemanusian.
Foto 1 dari 9
Kapal Rumah Sakit TNI AL
Kapal Rumah Sakit TNI AL KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 bersandar di Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI Angkatan Laut, Jakarta, Kamis (30/11/2023). (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 2 dari 9
Kapal Rumah Sakit TNI AL
Kapal perang yang juga berfungsi sebagai rumah sakit bantu itu berlayar dari Surabaya, Jawa Timur, dan telah dicat putih sebagaimana telah diatur dalam ketentuan internasional, yaitu Konvensi Jenewa dan San Remo Manual. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 3 dari 9
Kapal Rumah Sakit TNI AL
Konvensi tersebut mengatur bahwa kapal rumah sakit untuk misi kemanusiaan harus dicat warna putih agar tidak menjadi sasaran tembak mereka yang berperang. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 4 dari 9
Kapal Rumah Sakit TNI AL
KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 mengangkut bantuan dan persiapan pelayanan kesehatan untuk rakyat Palestina di Gaza yang di himpun TNI AL sejak sebulan lalu. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 5 dari 9
Kapal Rumah Sakit TNI AL
KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 tinggal menunggu izin dari Kementerian Luar Negeri yang berhubungan dengan pihak pemerintah Mesir dengan tujuan kemanusian. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 6 dari 9
Kapal Rumah Sakit TNI AL
Dari Koarmada II Surabaya, KRI dr. Radjiman Widyodiningrat-992 membawa bantuan kemanusiaan sebanyak 80 truk dari berbagai instansi pemerintah maupun masyarakat Indonesia yang peduli akan kondisi masyarakat korban perang Gaza di Palestina. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 7 dari 9
Kapal Rumah Sakit TNI AL
Setibanya di Mako Kolinlamil Jakarta Utara, rencananya kapal rumah sakit TNI AL ini akan kembali mengangkut bahan bantuan yang sebelumnya sudah dikumpulkan di Markas Kolinlamil, Jakarta Utara. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 8 dari 9
Kapal Rumah Sakit TNI AL
Untuk diketahui, sejak bulan lalu TNI AL membangun posko penerimaan bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Posko bantuan kemanusiaan itu dipusatkan di Markas Koarmada II Surabaya dan Mako Kolinlamil, Jakarta Utara. (merdeka.com/Imam Buhori)
Foto 9 dari 9
Kapal Rumah Sakit TNI AL
Sebelumnya Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengungkapkan, kapal bantu rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 sebelum berangkat ke Palestina telah menjalani pengecatan warna putih dan pemeriksaan propeller di galangan kapal PT PAL Indonesia. (merdeka.com/Imam Buhori)