Jokowi Bertemu Presiden Vietnam Vo Van Thuong di Istana Kepresidenan Hanoi

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 12 Jan 2024, 12:15 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2024 12:15 WIB
Jokowi Kunjungi Vietnam
Para pemimpin Indonesia dan Vietnam menyoroti keamanan di Laut China Selatan dan investasi di Indonesia yang dilakukan oleh pembuat kendaraan listrik VinFast dalam pernyataan bersama setelah pertemuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi dengan Presiden Vietnam Vo Van Thuong.
Foto 1 dari 8
Jokowi Kunjungi Vietnam
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi (kanan) dan Presiden Vietnam Vo Van Thuong (kiri) memeriksa pengawal kehormatan saat upacara penyambutan di Istana Kepresidenan, Hanoi, Vietnam, Jumat (12/1/2024). (Nhac NGUYEN/AFP)
Foto 2 dari 8
Jokowi Kunjungi Vietnam
Seperti diberitakan Reuters pada Jumat (12/1), para pemimpin Indonesia dan Vietnam menyoroti keamanan di Laut China Selatan dan investasi di Indonesia yang dilakukan oleh pembuat kendaraan listrik VinFast dalam pernyataan bersama setelah pertemuan. (Nhac NGUYEN/AFP)
Foto 3 dari 8
Jokowi Kunjungi Vietnam
Kedua negara Asia Tenggara ini memperkuat hubungan mereka melalui investasi korporasi, lebih banyak perdagangan dan kerja sama yang lebih erat dalam meningkatkan keamanan di Laut China Selatan yang disengketakan di tengah ketegangan dengan Beijing. (Nhac NGUYEN/AFP)
Foto 4 dari 8
Jokowi Kunjungi Vietnam
Presiden Vietnam Vo Van Thuong menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan dalam sebuah pernyataan setelah ia bertemu dengan Jokowi. (Nhac NGUYEN/AFP)
Foto 5 dari 8
Jokowi Kunjungi Vietnam
Kedua negara menandatangani nota kesepahaman kerja sama perikanan. Naskah ini tidak bersifat publik, namun mungkin membahas perambahan yang dilakukan nelayan Vietnam di perairan negara lain yang sering menjadi sumber ketegangan di kawasan. (Nhac NGUYEN/AFP)
Foto 6 dari 8
Jokowi Kunjungi Vietnam
Menjelang kunjungan Jokowi, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan Indonesia siap bekerja sama dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya untuk menyelesaikan kode etik Laut China Selatan yang telah lama tertunda, jalur perairan strategis untuk perdagangan, dan energi. (Nhac NGUYEN/AFP)
Foto 7 dari 8
Jokowi Kunjungi Vietnam
Seorang pejabat Vietnam memastikan masalah ini akan dibahas di Hanoi selama kunjungan Jokowi. Kode etik Asia Tenggara akan dipandang sebagai pukulan terhadap Tiongkok. (Nhac NGUYEN/AFP)
Foto 8 dari 8
Jokowi Kunjungi Vietnam
Beijing dan negara-negara Asia Tenggara telah berupaya sejak tahun 2002 untuk membuat kerangka kerja untuk menegosiasikan kode etik tersebut, namun kemajuannya berjalan lambat meskipun ada komitmen dari semua pihak untuk memajukan dan mempercepat proses tersebut. (Nhac NGUYEN/AFP)