Rayakan Epiphany, Umat Kristen Ortodoks Rusia Berendam Dalam Air Es

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 20 Jan 2024, 13:35 WIB
Diterbitkan 20 Jan 2024 13:35 WIB
Epiphany Rusia
Ribuan pengikut Gereja Ortodoks Rusia terjun ke sungai dan kolam es di seluruh negeri untuk menandai Epiphany, pembersihan diri mereka dengan air yang dianggap suci untuk hari itu.
Foto 1 dari 8
Epiphany Rusia
Seorang umat Kristen Ortodoks Rusia berendam dalam air es saat perayaan tradisional Epiphany di St. Petersburg, Rusia, Jumat (19/1/2024). (AP Photo/Dmitri Lovetsky)
Foto 2 dari 8
Epiphany Rusia
Ribuan pengikut Gereja Ortodoks Rusia terjun ke sungai dan kolam es di seluruh negeri untuk menandai Epiphany, pembersihan diri mereka dengan air yang dianggap suci untuk hari itu. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Foto 3 dari 8
Epiphany Rusia
Epiphany merupakan hari raya di mana umat kristiani merayakan wahyu Tuhan yang berinkarnasi sebagai Yesus Kristus. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Foto 4 dari 8
Epiphany Rusia
Perayaan Epiphany mengakhiri 12 hari perayaan Natal. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Foto 5 dari 8
Epiphany Rusia
Orang-orang mandi dalam air selama perayaan Epiphany saat suhu turun menjadi sekitar -18 derajat (-0,4 derajat Fahrenheit) di dekat Biara Achairsky, luar Kota Omsk, Siberia, Rusia, Jumat (19/1/2024). (AP Photo/Evgeniy Sofiychuk)
Foto 6 dari 8
Epiphany Rusia
Di awal abad keempat, gereja-gereja di Romawi Timur merayakan Natal pada 6 Januari. Sementara gereja-gereja di barat merayakannya pada 25 Desember. (AP Photo/Evgeniy Sofiychuk)
Foto 7 dari 8
Epiphany Rusia
Sementara dalam situs resmi Gereja Ibu Teresa Paroki Cikarang dijelaskan, Epiphany adalah momen di mana Tuhan menampakkan kemuliaan-Nya. Maka disebut Hari Raya Penampakan Tuhan. (AP Photo/Dmitri Lovetsky)
Foto 8 dari 8
Epiphany Rusia
Seperti yang diterangkan situs resmi National Today, di mana banyak orang yang sudah melepas ornamen Natal menjelang tahun baru. Namun banyak pula yang menutup perayaan kelahiran Yesus Kristus atau Natal pada 6 Januari. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)