Gunung Ruang Kembali Muntahkan Material Abu Vulkanik

oleh Helmi Fithriansyah, diperbarui 20 Apr 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2024 07:30 WIB
Gunung Ruang Kembali Erupsi
Gunung Ruang kembali erupsi pada Jumat (19/4) sekitar pukul 17.00 WITA. Saat ini, status Gunung Ruang juga masih berada di level IV atau AWAS. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menyebut kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah selatan dengan tinggi sekitar 400 meter di atas puncak.
Foto 1 dari 6
Gunung Ruang Kembali Erupsi
Gunung berapi Ruang kembali mengeluarkan material abu vulkanik di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, pada 19 April 2024. (Ronny Adolof BUOL/AFP)
Foto 2 dari 6
Gunung Ruang Kembali Erupsi
Gunung Ruang kembali erupsi pada Jumat (19/4) sekitar pukul 17.00 WITA. (Ronny Adolof BUOL/AFP)
Foto 3 dari 6
Gunung Ruang Kembali Erupsi
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menyebut kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah selatan dengan tinggi sekitar 400 meter di atas puncak. (Ronny Adolof BUOL/AFP)
Foto 4 dari 6
Gunung Ruang Kembali Erupsi
Saat ini, status Gunung Ruang juga masih berada di level IV atau AWAS. (Ronny Adolof BUOL/AFP)
Foto 5 dari 6
Gunung Ruang Kembali Erupsi
Ratusan warga Desa Laingpatehi, Pulau Ruang, diungsikan beberapa saat setelah Gunung Ruang mengalami erupsi pertama, pada Selasa (16/4). (Ronny Adolof BUOL/AFP)
Foto 6 dari 6
Gunung Ruang Kembali Erupsi
Ketua Tim Kerja Pengamatan Gunung Api, Heruningtyas mengatakan potensi erupsi masih mungkin terjadi dikarenakan untuk aktivitas vulkanik masih belum stabil. (Ronny Adolof BUOL/AFP)