Undip Siap Menjadi Pusat Pengembangan Psikologi Berbasis Keluarga

Undip akan menjadi pusat pengembangan psikologi berbasis keluarga Indonesia yang adaptif terhadap perubahan di Asia Tenggara pada tahun 2025.

oleh Edhie Prayitno IgeLiputan6.com diperbarui 09 Nov 2022, 17:20 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2022, 17:20 WIB
Psikologi undip
Dekan Fakultas Psikologi Undip Prof. Dian Ratna Sawitri (kiri atas) menjadi dosen tamu di Korea University. (foto: liputan6.com/dok.undip)

Liputan6.com, Semarang - Dekan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (UNDIP) Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D menjadi visiting lecturer (dosen tamu) di Korea University pada Selasa (8/11/2022) dengan peserta mahasiswa S2 yang mengambil mata kuliah Career Counseling and Development dan mahasiswa S3 yang memiliki fokus penelitian pada perkembangan karir.

Prof. Sawitri membawakan tema Career Development of Adolescents in A Collectivistic Context from A Social Cognitive Career Theory Perspective.

Korea University merupakan universitas rangking 86 (masuk rangking 100 besar) dunia dalam QS by subject/berdasarkan bidang ilmu, yaitu psikologi. Kegiatan ini turut mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Keterlibatan Prof Sawitri otomatis menambah jumlah prosentase dosen yang berkegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) di kampus lain, di QS 100 (berdasarkan bidang ilmu), bekerja sebagai praktisi di dunia industri, atau membina mahasiswa yang berhasil meraih prestasi minimal tingkat nasional dalam 5 tahun terakhir.

"Ini bermanfaat untuk pengembangan jejaring internasional, dan mendukung visi Fakultas Psikologi Undip," kata Prof Sawitri.

Yang dimaksudkan adalah Fakultas Psikologi Undip akan menjadi pusat pengembangan psikologi berbasis keluarga Indonesia yang adaptif terhadap perubahan di Asia Tenggara pada tahun 2025. Kiprah Dekan Fakultas Psikologi tersebut diharapkan menginspirasi para dosen muda untuk go international.

Tambahan informasi, Prof Sawitri adalah ketua Center for Career and Capacity Development Studies (CAREERS). Perannya sebagai dosen tamu itu juga menegaskan bahwa kolaborasi antara Fakultas Psikologi Undip dengan Department of Education, Korea University dilakukan di sejumlah bidang. 

"Dimulai dengan terselenggaranya kuliah dosen tamu di Magister Psikologi Undip untuk mata kuliah Perkembangan Karir Sepanjang Rentang Kehidupan, summer course, dan kegiatan Managing Research in Career Development Area Workshop dengan menghadirkan Professor Bora Lee dari Korea University sebagai narasumber, yang didanai WCU UNDIP," kata Prof Sawitri.

Program tersebut kemudian membuka peluang munculnya program kegiatan lainnya, yang tentunya semakin memperat kolaborasi antara kedua belah pihak. Diantaranya, seperti memungkinkan partisipasi dosen UNDIP untuk menjadi dosen tamu di Korea University, dan kegiatan Tri Dharma PT lainnya seperti joint publication pada tahun-tahun berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya