Apa Istilah GOAT yang Sering Disebut dalam Sepak Bola?

Mungkin tidak asing terdengar di telinga istilah GOAT yang sering disebutkan kepada pemain bola ternama seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Istilah ini sering disebutkan oleh para penggemar sepak bola untuk mewakili para pemain-pemain ternama dalam sepak bola

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 14 Des 2022, 23:24 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 23:24 WIB
Rival Lebih Dari Sedekade, Ini Momen Keakraban Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
Ronaldo dengan Portugal bersaing dengan Messi di Argentina. Keduanya sama-sama menjabat kapten tim nasional. Meski rival keduanya tetap menjunjung tinggi sportivitas saat bertanding. (AFP/Paul Ellis)

Liputan6.com, Bandung - Mungkin tidak asing terdengar di telinga istilah GOAT yang sering disebutkan kepada pemain bola ternama seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Istilah ini sering disebutkan oleh para penggemar sepak bola untuk mewakili para pemain-pemain ternama dalam sepak bola.

GOAT merupakan singkatan dari Greatest of All Time atau mempunyai arti terbaik sepanjang masa. Penggunaannya untuk mewakili para pemain sepak bola yang mempunyai kualitas terbaik dari masa ke masa.

Istilah ini juga ternyata tidak hanya digunakan oleh para pemain sepak bola saja. Namun juga kepada para atlet tertentu.

Istilah GOAT sendiri lebih terkenal digunakan oleh para pemain sepak bola karena fanbase sepak bola yang sangat besar.

Greatest of All Time juga mewakili semua atlet olahraga apapun yang mempunyai kemampuan sangat baik selama bertahun-tahun mereka meniti kariernya dalam olahraga.

Maka dari itu, kebanyakan istilah ini digunakan kepada para pemain atau atlet yang sudah berkarier selama bertahun-tahun dan mempunyai performa yang sangat baik.

 


Bagaimana Istilah GOAT Pertama Kali Digunakan?

Muhammad Ali vs George Foreman
Muhammad Ali memukul KO George Foreman pada ronde delapan dalam pertarungan di Stade du 20 Mai, Zaire (kini Republik Kongo), 30 Oktober 1974 (dailymail.co.uk)

Istilah Greatest of All Time ini pertama kali muncul pada 1992 dan digunakan kepada petinju legendaris Muhammad Ali. Melansir dari USA Today, istilah tersebut pertama kali digunakan oleh istri dari Muhammad Ali yaitu Lonnie Ali untuk mendirikan Perusahaan Greatest of All Time (G.O.A.T Inc).

Dahulu, istilah ini sering digunakan oleh para jurnalis Amerika Serikat yang menyebutkan istilah GOAT kepada para atlet yang gagal.

Namun saat ini istilah tersebut telah berubah terutama dalam olahraga sepak bola yang menggunakannya untuk menyebutkan para pemain hebat.

Maka dari itu, penggunaan GOAT seperti menggambarkan kehebatan seorang atlet seperti sosok Muhammad Ali yang merupakan petinju legendaris. Adapun pemain sepak bola Diego Maradona juga turut disebut dengan istilah itu.

Adapun pemain bola basket LeBron James juga disebut sebagai Greatest of All Time dan beberapa atlet lain seperti Rafael Nadal yang merupakan atlet tenis, dan para pemain sepak bola seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya