Daftar Kuliner Kekinian Jakarta, Cek Satu per Satu

Saat ini, banyak kuliner kekinian di Jakarta yang bisa dijadikan pilihan untuk berwisata kuliner. Mengutip dari jakarta.go.id, berikut enam kuliner kekinian Jakarta

oleh Switzy Sabandar diperbarui 27 Jul 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 12:00 WIB
Pemerintah akan berikan BLT untuk PKL
Suasana lapak pedagang kaki lima (PKL)di Jalan Sabang atau H Agus Salim, Jakarta, Jumat (27/8/2021). Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah sedang mempersiapkan satu juta PKL untuk mendapatkan bantuan senilai Rp1 juta dalam bentuk tunai. (Liputan6com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki latar belakang penduduk beragam, Jakarta menjadi salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner. Tak hanya sebagai representasi budaya dan ekonomi, kuliner juga ikut bertumbuh bersama tren yang berkembang.

Saat ini, banyak kuliner kekinian di Jakarta yang bisa dijadikan pilihan untuk berwisata kuliner. Mengutip dari jakarta.go.id, berikut enam kuliner kekinian Jakarta:

1. Gulai Tikungan (Gultik)

Gulai Tikungan atau Gultik merupakan salah satu spot kuliner Jakarta yang tak pernah sepi. Spot ini sudah menjadi salah satu kawasan kuliner yang terkenal sejak 1980-an.

Jika ingin ke sini, pengunjung bisa menuju ke tikungan atau perempatan Jalan Mahakam dan Bulungan. Gulai yang dijajakan secara kaki lima oleh sejumlah penjual ini tidak pernah redup meski sudah eksis selama tiga dekade. Bahkan, Gultik mampu bersanding dengan kuliner-kuliner kekinian lainnya.

2. Jalan Sabang

Jalan Agus Salim atau yang populer dengan nama Jalan Sabang merupakan kawasan kuliner yang terdiri dari berbagai restoran dan warung kaki lima. Pengunjung bisa bebas memilih berbagai jenis kuliner yang diinginkan.

Beberapa kuliner yang bisa dicoba adalah Sate Jaya Agung yang sudah ada sejak 1963, Bakmi Roxy yang sudah melegenda, Ben Seafood, hingga nasi goreng kambing yang legendaris di Jalan Kebon Sirih dekat Jalan Sabang. Bagi yang ingin nongkrong, ada kafe Kopi Oey, Kopi Atjeh, dan kawasan kuliner BSM.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kuliner Pecenongan

3. Kuliner Pecenongan

Satu lagi kawasan kuliner di Jakarta yang tak boleh dilewatkan, yaitu kawasan kuliner Pecenongan. Terletak di Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, kawasan ini menjadi surga bagi pencinta kuliner malam.

Bermacam jajanan kaki lima dan restoran berderet di sepanjang Jalan Pecenongan. Tak hanya saat malam, ada pula beberapa restoran yang beroperasi selama 24 jam.

4. OTW Food Street

OTW Street Food mengusung konsep mini food court. Berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara, tepatnya di Jalan Kelapa Kopyor Raya BA 2 No.1, gerai ini terkenal karena rasa martabak green tea, topping-topping unik, serta snack-nya.

OTW Food Street juga terkenal karena konsepnya yang menawarkan makanan berwarna-warni dari pelangi sampai hitam pekat. Berbagai makanan berat, finger food, hingga minuman bisa ditemukan di sini.

Bahkan, gerai-gerai di sini juga menyajikan kuliner tradisional hingga modern. Saat ini, OTW Food Street telah merambah ke berbagai kota di Indonesia, salah satunya Makassar.

5. Pasar Santa

Pasar Modern Santa berlokasi di Jalan Cipaku I No. 121, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Mengusung konsep kuliner kreatif, Pasar Santa berhasil menarik para Millennials dan Gen Z.

Berbagai kuliner yang disajikan dengan tampilan Instagramable bisa dinikmati di sini, di antaranya ayam geprek kekinian Geprek Gepruk, hidangan pencuci mulut Leheaven, atau variasi kopi dari berbagai kios kopi. Selain itu, ada juga makanan khas Meksiko dengan harga terjangkau, cendol, beragam menu durian, infused water, smoothies sehat, menu sate yang variatif, sampai menu khas Jepang dengan harga yang terjangkau.

 


Tendean 41

6. Tendean 41

Tendean 41 merupakan kawasan kuliner yang terletak di Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Berbagai kedai makanan dengan sentuhan kreatif ala milenial ada di sini, salah satunya Warung Nagih yang menjadi pionir cemilan berbasis street food yang bermula di atas lahan kosong ini.

Selain itu, ada Kedai Fusion dan Gule DKI yang menyediakan aneka jenis makanan, mulai dari camilan hingga nasi goreng. Ada juga Bigpan yang menyajikan pancake dengan bermacam topping, Yakitori Go dengan menu khas Jepang-nya, serta Domba Tarsan yang menghidangkan tongseng, sate, dan nasi goreng.

(Resla)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya