Anak Kenang Sosok Ki Joko Bodo, Hijrah Setelah Umrah hingga Hibahkan Tempat Praktik untuk Masjid

Ki Joko Bodo sudah meninggalkan hal klenik sebelum meninggal dunia.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Nov 2022, 16:17 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2022, 14:24 WIB
[Fimela] Ki Joko Bodo
Ki Joko Bodo (Nurwahyunan/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta Refo, putra kedua Ki Joko Bodo, tak menyangkal kabar yang menyebut ayahnya hijrah dan berusaha memperdalam ilmu agama. Diakui Refo, hal itu sudah lama dijalani, sepulang almarhum menunaikan ibadah umrah.

"Ya memang itu sudah cukup lama ya. Memang setelah umrah ayah berusaha untuk kembali ke Agama Islam. Jadi memang kabar itu benar," ujar Refo di kediamannya, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (22/11/2022).

Tak sekadar memperdalam ilmu agama, Ki Joko Bodo juga menghibahkan tempat praktik semasa aktif sebagai paranormal, untuk dialihfungsikan menjadi masjid. Refo menuturkan, rumah almarhum juga sering digelar pengajian.

"Itu tempat praktiknya dulu, ada sih dekat sini juga. Itu memang dihibahkan. Rumah ini juga sekarang aktif juga pengajian dan segala kegiatan-kegiatan agama," kata Refo.

 

 

 


Firasat?

Anak Ki Joko Bodo, Refo
[Foto: Liputan6/ M. Altaf Jauhar]

Refo melanjutkan, tak ada firasat yang dirasakannya terkait kepergian ayahnya. Hanya saja, sang adik mengaku sempat bermimpi tentang Ki Joko Bodo yang pamit untuk pergi

"Sebelum ayah meninggal, adikku cerita bahwa semalam itu dimimpiin ayah kalau ayah itu mau pergi. Tiba-tiba aja emang benar-benar pergi. Adik sih sempat ada firasat," ungkap Refo.


Kembali ke Fitrah

Sebagai anak, Refo mengaku senang mengetahui Ki Joko Bodo wafat dalam upaya memperdalam ilmu agama. Ia sendiri tak menyangka, ayahnya yang lekat dengan imej mistis dapat berubah 180 derajat.

"Saya senang. Maksudnya ayah bisa kembali kepada fitrahnya, bisa kembali kepada ilmu agama gitu. Yang dari dulu dikenal seperti itu nyatanya bisa berubah, bisa hijrah," ucap Refo.


Sosok Ki Joko Bodo

Di mata Refo, Ki Joko Bodo sosok ayah yang tak banyak bicara. Namun di balik diamnya itu, lanjut Refo, Ki Joko Bodo pribadi yang sangat perhatian. "Dia lebih sering ngasih contoh dibanding ngomong," pungkas Refo. (Reporter: M. Altaf Jauhar)

Infografis Buruh Tuntut Upah Minimum 2022 Naik 10 Persen. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Buruh Tuntut Upah Minimum 2022 Naik 10 Persen. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya