5 Fitur Android Terbaik yang Patut Apple Adopsi ke iOS, Apa Saja?

Berikut ini adalah lima fitur terbaik di Android yang harus dibawa Apple ke sistem iOS untuk semakin memudahkan aktivitas pengguna.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 17 Apr 2023, 08:31 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2023, 08:30 WIB
iOS
Ilustrasi iOS dan Android. (Sumber: Best Android Apps)

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan Android, iOS adalah sistem operasi yang lebih terbatas. Meskipun begitu, iOS pun terus menghadirkan peningkatan dan perluasan fiturnya.

Sebagai informasi, kedua sistem operasi ini telah memiliki miliaran pengguna dan merupakan dua OS paling banyak digunakan. Android dan iOS pun kerap saling meniru satu sama lain pada setiap pembaruannya, mulai dari sedikit tampilan antarmuka hingga sejumlah fitur. 

Pengguna telah mencoba memakai perangkat Android dan iOS mungkin akan menemukan beberapa fitur berbeda atau tidak tersedia di salah satu ponsel. 

Salah satu alasan utama orang-orang membeli HP Android adalah fleksibilitas ditawarkan sistem operasinya. Berbagai personalisasi fitur dan pengaturan pun dapat dilakukan di perangkat ini. 

Sayangnya, terdapat beberapa fitur menarik dan penting di smartphone Android tidak tersedia di perangkat iOS. Merangkum dari Gizchina, Senin (17/4/2023), berikut ini adalah lima fitur terbaik di Android yang harus dibawa Apple ke sistem iOS untuk semakin memudahkan aktivitas pengguna.

1. Kebebasan Memilih Aplikasi Default

Beberapa tahun yang lalu, Apple memberikan pengguna iPhone akses untuk memilih aplikasi default. Namun, pilihan ini hanya terbatas pada email serta browser, sementara aplikasi default lainnya telah ditentukan dan tidak dapat diubah.

Tentunya, pengaturan ini terkesan memaksa karena mau tidak mau pengguna harus memakai aplikasi default yang telah dipilihkan, seperti untuk aplikasi peta, pemutar musik, kamera, dan lainnya.

Harapannya, Apple akan menambah jumlah aplikasi yang dapat dijadikan pilihan aplikasi default.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Personalisasi Rangkaian Ikon Aplikasi

Ilustrasi HP Android
Ilustrasi HP Android. (Photo by Azamat E on Unsplash)

Meskipun pengguna iOS dapat mengatur ikon khusus, prosesnya cenderung tidak sederhana. Untuk mengubah tampilan ikon aplikasi, pengguna perlu menggantinya satu per satu.

iPhone memang dikenal kurang memberikan opsi personalisasi, tetapi Apple perlahan menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna berkreasi sesuai seleranya walau masih terbatas. Misalnya, dengan lock screen di iOS 16 yang beberapa itemnya dapat disesuaikan, seperti widget, jenis huruf, warna, dan lainnya.

Kedepannya, pengguna akan dapat memodifikasi iPhone mereka lebih jauh jika Apple menambahkan fitur untuk mengubah tema home screen secara keseluruhan, termasuk seluruh ikon aplikasi dengan tampilan yang senada.


3. Pusat Pengaturan yang Serbaguna

Android 13
Tampilan Android 13. (Dok: Google)

Control Center (pusat kontrol) di iOS fitur paling mengganggu di OS ini. Bagian pengaturan di bagian bawah dapat ditambahkan atau dikurangi shortcut tertentu, sementara pengaturan bagian atas diatur secara permanen.

Bagi sejumlah pengguna, hal ini menghabiskan ruang pada layar dan dinilai tidak praktis karena pusat pengaturan terbagi menjadi dua, bahkan salah satunya jarang digunakan.

Untungnya, pengguna Android dapat mengatur ulang dan menghapus shortcut sesuai keinginan mereka sehingga pengguna dapat menyisakan pilihan hal-hal penting yang menjadi prioritas.


4. Home Screen dan Lock Screen yang Fleksibel

Android 13
Tampilan Material You yang ada di Android 13 (Go Edition). (Dok: Google)

Meski telah diperbarui melalui update iOS 16, home screen dan lock screen pada perangkat iOS masih memiliki banyak batasan. Untuk mengisi ruang kosong di layar utama, pengguna harus bergantung pada widget pihak ketiga yang terpisah. 

Beralih ke lock screen iPhone, shortcut kamera dan lampu tidak dapat dihapus atau diubah menjadi shortcut lain yang lebih bermanfaat. Selain itu, fitur always-on display juga hanya dapat menyembunyikan latar belakang dan notifikasi, tanpa mendukung perubahan yang lebih luas.


5. Peningkatan Notifikasi

Android 11
Notifikasi lebih teratur di Android 11. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Pengguna iOS kini dapat mengatur seberapa intens notifikasi pada berbagai aplikasi. Kendati demikian, pengaturan ini masih memiliki kekurangan dalam hal desain dan pengkategorian yang kurang tepat. 

Fitur Time-Sensitive API dapat digunakan untuk menyoroti pesan penting. Namun, tidak tersedia fitur smart reply yang memungkinkan pengguna merespons pesan masuk tanpa harus meninggalkan aplikasi pihak ketiga yang sedang digunakan. 

Meskipun fitur di setiap perangkat tidak akan pernah sempurna, akan selalu ada ruang untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Diharapkan, update iOS 17 mendatang akan membawa fitur yang lebih bermanfaat untuk mengurangi beberapa gangguan saat ini.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya