Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8 Elite, Bawa Performa Gaming Konsol ke Smartphone!

Snapdragon 8 Elite menghadirkan kecepatan tertinggi dengan CPU 4.32GHz, GPU Adreno canggih, dan AI multimodal yang siap mendukung pengalaman gaming AAA di smartphone flagship.

oleh Yuslianson diperbarui 23 Okt 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 12:00 WIB
Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8 Elite
Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8 Elite. (Doc: Qualcomm)

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm baru saja mengumumkan chipset smartphone terbarunya, Snapdragon 8 Elite, yang siap merevolusi dunia smartphone flagship di dunia.

Diperkenalkan dalam acara tahunan Snapdragon Summit, Snapdragon 8 Elite menjadi chipset smartphone paling bertenaga di pasaran saat ini berkat kombinasi CPU Qualcomm Oryon dan teknologi AI terbaru.

Dengan konfigurasi 2 inti Prime mencapai kecepatan tertinggi di pasaran hingga 4.32GHz dan 6 inti Performance berkecepatan 3.53GHz, Snapdragon 8 Elite membawa performa CPU hingga 45 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

Selain itu, chipset baru Qualcomm ini dibangun menggunakan proses arsitektur 3nm TSMC, membuatnya lebih efisien dengan konsumsi daya 44 persen lebih rendah.

Tak hanya soal kecepatan, Snapdragon 8 Elite juga menghadirkan pengalaman gaming luar biasa berkat GPU Adreno baru.

Berbekal GPU baru ini, prosesor Snapdragon 8 Elite diklaim 40 persen lebih cepat dan mendukung penuh fitur ray-tracing hingga 35 persen.

Hal ini membuat grafis di dalam game terasa jauh lebih realistis, dan imersif layaknya bermain di konsol.

Qualcomm juga membuat langkah besar dengan menghadirkan dukungan Nanite dari Unreal Engine 5.3, memungkinkan detail visual setara konsol untuk game AAA di smartphone.

"Game level AAA akan segera tersedia untuk perangkat seluler," ucap Qualcomm dalam keterangannya.

Chipset baru Qualcomm ini tidak hanya unggul dalam gaming. Di sisi kecerdasan buatan, NPU Hexagon baru menawarkan peningkatan kecepatan pemrosesan AI lebih efisien daya sebesar 45 persen.

Qualcomm juga menghadirkan AI Engine baru yang mendukung model AI multimodal, memungkinkan smartphone flagship dengan Snapdragon 8 Elite untuk menjalankan tugas AI yang lebih kompleks secara langsung di perangkat.

Snapdragon 8 Elite akan hadir di berbagai smartphone flagship dari merek-merek ternama seperti Asus, Honor, OnePlus, Samsung, dan Xiaomi.

Di Indonesia, iQOO 13 akan menjadi yang pertama membawa chipset terbaru ini ke pasar dalam beberapa minggu mendatang.

Xiaomi 15 Siap Meluncur dengan Snapdragon 8 Elite dan Android 15

<p>Bocoran Xiaomi 15 Pro Ramai di Internet, Tampil dengan Desain Kamera Baru?. (Doc: Weibo | innogyan)</p>

Lebih lanjut, Xiaomi 15 disebut sebagai salah satu ponsel flagship pertama yang akan menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 8 Elite (8 Gen 4), yang baru saja diumumkan. 

Selain Xiaomi 15, OnePlus 13 juga dirumorkan akan mengusung chipset yang sama dan rencananya akan diluncurkan pada 31 Oktober 2024. Namun, Xiaomi 15 diprediksi lebih dulu diperkenalkan pada 23 Oktober 2024, meski peluncurannya sementara ini hanya untuk pasar Tiongkok.

Menariknya, Xiaomi 15 dikabarkan akan menjadi ponsel pertama dari Xiaomi yang menjalankan Android 15. Bocoran terbaru dari Geeekbench (melalui MySmartPrice) juga mengonfirmasi bahwa ponsel ini akan hadir dengan Snapdragon 8 Elite dan sistem operasi Android 15.

Bocoran lebih lanjut yang dilansir dari Phone Arena, Rabu (23/10/2024), mengungkap hampir seluruh spesifikasi perangkat ini:

  • Layar: 6,36 inci, panel AMOLED datar dengan resolusi 1,5K dan refresh rate 120 Hz
  • Kamera: Tiga kamera belakang, masing-masing 50 MP (sensor utama Xiaomi) juga akan menggunakan lensa dari Leica, melanjutkan tradisi flagship sebelumnya.
  • Ketahanan: Sertifikasi IP68, tahan debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Baterai dan Pengisian Daya

<p>Penampakan Xiaomi 14T Pro yang siap meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Xiaomi 15 akan ditenagai baterai 5.500 mAh, lebih besar dibandingkan pendahulunya, Xiaomi 14, yang hanya memiliki 4.610 mAh. Untuk pengisian data, ponsel ini mendukung fast charging 90W (kabel) dan 50W (nirkabel). 

Meskipun kapasitas baterainya meningkat, kecepatan pengisian masih sama seperti modul sebelumnya. Xiaomi 15 juga akan membawa RAM sebesar 16 GB dan menjalankan HyperOS 2.0 berbasis Android 15.

Rumor lain menyebutkan bahwa Xiaomi kemungkinan merilis beberapa varian flagship seperti Xiaomi 15 Pro dan Xiaomi 15 Ultra,  yang mungkin akan memiliki perbedaan dalam chipset, kamera, dan konfigurasi memori.

Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya