10 Transfer Termahal di Liga Inggris, Manchester United Mendominasi

Chelsea mencatat rekor transfer terbesar di Liga Inggris dengan mendatangkan Enzo Fernandez. Akan tetapi, dari 10 transter termahal, klub Manchester United masih dominan.

oleh Agustina Melani diperbarui 05 Feb 2023, 13:56 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2023, 13:56 WIB
Manchester United Dominan dalam Transfer Termahal di Liga Inggris
Liga Inggris catatkan 10 transfer termahal, dan masih didominasi klub sepak bola Manchester United. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris memiliki superstar dengan Enzo Fernandez menjadi pemain liga termahal yang pernah ada.

Chelsea memecahkan rekor transfer Inggris untuk mengontrak pemenang Piala Dunia Enzo Fernandez dari Benfica dengan bayaran 106,5 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,91 triliun (asumsi 17.942,8 pound sterling terhadap rupiah). Demikian mengutip dari talkSPORT.com, Minggu (5/2/2023).

Manchester United memiliki sejarah panjang sebagai pembelanja terbanyak di Inggris dan mantan pemain bintang Paul Pogba telah menjadi papan atas pemain termahal. Namun, itu semua berubah pada musim panas 2021 ketika Manchester City membeli Jack Grealish dari Aston Villa.

Namun, Manchester United merespons dan keluar lagi musim panas lalu dengan mendatangkan pemain sayap Brasil Antony dari Ajax senilai 82 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,47 triliun.

Chelsea kemudian menjadikan Mykhailo Mudryk sebagai kesepakatan termahal ketiga dalam sejarah Liga Inggris setelah menghabiskan 89 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,59 triliun untuk penyerang Shaktar Donetsck pada awal Januari.

Manchester City memegang rekor setelah habiskan 100 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,79 triliun untuk Aston Villa dan maestro Inggris Grealish tetapi Chelsea melanjutkan pengeluaran besar mereka dan mengambil posisi teratas.

Fernandez telah menggantikan Grealish dalam buku sejarah dan mengambil alih sejumlah kesepakatan uang besar lainnya yang dilakukan oleh Manchester United, Manchester City, dan Liverpool.

Namun siapa yang masuk 10 besar saat ini? talkSport.com merilis siapa saja yang paling banyak mengeluarkan biaya dalam sejarah dengan Fernandez kini berada di puncak:


10.Jadon Sancho (Borussia Dortmund ke Manchester United)

Ekspresi Jadon Sancho saat Kembali Merumput Bersama Manchester United
Penyerang Manchester United, Jadon Sancho bertepuk tangan kepada para penggemar usai pertandingan melawan Nottingham Forest di leg kedua semifinal Piala Liga Inggris di Old Trafford di Manchester, Inggris, Kamis (2/2/2023). Fans Manchester United memberi sambutan yang spesial untuk Jadon Sancho ketika kembali ke lapangan. Fans Setan Merah meneriakkan nama Sancho, yang kemudian dibalas lambaian tangan begitu laga usai. (AFP/Paul Ellis)

Jadon Sancho pindah dari Borussia Dortmund ke Manchester United dengan nilai 73 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,30 triliun pada Juli 2021. Mengutip Mirror.co.uk, pemain berusia 22 tahun kembali ke Manchester United jauh dari mulus. Dia tidak terbantu oleh pergantian manajer, kinerja tim buruk, dan ketidakmampuan untuk mempertahankan posisi regular di musim pertamanya, tetapi bos baru Erik ten Hag juga tampaknya tidak yakin.

Erik ten Hag pun akan bekerja keras membantu ia menemukan kembali bakat unit dan senyum menular ke pasukan MU lagi. Mengutip fourfourtwo, banyak yang mengira ketika Sancho membuat kesalahan besar ketika meninggalkan Manchester City ke Borussia Dortmund pada 2017, tetapi terbukti menjadi pukulan telak. Sekitar 50 gol dan 64 assist untuk raksasa Bundesliga, pemain Inggris Sancho pindah ke Old Trafford dalam kesepakatan besar dengan banyak harapan.

 

9.Virgil van Dijk (Southampton ke Liverpool)

Virgin van Dijk pindah dari Southampton ke Liverpool pada 2018 dengan nilai 75 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,34 triliun. Mengutip fourfourtwo, penggemar Liverpool tahu klub semakin serius untuk memenangkan gelar Liga Inggris pertama dalam lebih dari 30 tahun ketika van Dijk direkrut dari Southampton pada 2017.

Tinggi, kuat, elegan, pembaca permainan yang sangat baik dan tenang dalam penguasaan bola, bek ini telah membuktikan dirinya sebagai bek terbaik di Liga Inggris untuk tim Saints dan tetap demikian di Anfield.

Penampilan yang solid membantu klub meraih mahkota Liga Champions pada 2019, sebelum gelar liga pada 2020. Ia melewatkan hampir semua musim lalu dan Euro 2020 setelah cedera pada awal musim 2020/2021, tetapi pulih sepenuhnya untuk membantu Liverpol meraih dua trofi pada 2022.


8.Romelu Lukaku (Everton ke Manchester United)

Foto: 4 Striker Tajam yang Gagal Cetak Satu Gol pun di Piala Dunia 2022, Rekor Thomas Muller Terancam
Namun nyatanya Romelu Lukaku yang datang ke Piala Dunia 2022 Qatar masih dalam kondisi cedera sehingga tak lagi menjadi pilihan utama, tak mampu mencetak satu gol pun dalam 2 laga yang diikutinya. Belgia pun tersingkir di fase grup setelah hanya menempati posisi ketiga Grup F di bawah Maroko dan Kroasia. Tidak seperti tiga pemain di atas, Romelu Lukaku kemungkinan masih bisa bermain di Piala Dunia berikutnya karena saat ini masih berusia 29 tahun. (AP Photo/Francisco Seco)

Romelu Lukaku pindah dari Everton ke Manchester United pada 2017 dengan nilai 75 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,3 triliun. Mengutip Mirror, Manchester United membayar banyak uang untuk Lukaku dari melihan penampilan di Goodison Park.

Ia kembali dengan 42 gol dalam 96 penampilan adalah pengembalian yang masuk akal, itu di bawah apa yang diharapkan. Setelah awal yang cerah dengan lebih dari seperempat golnya datang dalam dua bulan pertama, ia tertinggal dengan buruk.

7.Harry Maguire (Leicester ke Manchester United)

Harry Maguire pindah ke Manchester United dari Leicester pada 2019 dengan nilai 78 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,39 triliun. Namun, ada juga yang sebutkan nilai transfer sekitar 80 juta poundsterling.

Mengutip fourfourtwo, Old Slabhead mungkin belum diberkati dengan kecepatan Rio Ferdinand dan agresi Nemanja Vidic, tetapi hanya sedikit yang membantahnya sebagai bek terbaik yang dimiliki Manchester United sejak keduanya meninggalkan klub hampir satu dekade lalu yaitu sampai kedatangan Lisandro Martinez dan Raphael Varane.

Ketenangan Maguire dalam penguasaan bola dan kemampuannya sudah jelas selama kampanye degradasi Hull City 2016/2017 mendorong Leicester untuk mengontraknya dengan harga 12 juta pound sterling pada musim panas berikutnya.

Di King Power itulah Maguire berubah menjadi salah satu bek terbaik di Eropa, menutupi kurangnya kecepatan dengan penampilan yang kuat dan tenang di jantung pertahanan.

Sementara pemain kunci untuk negaranya, dan kapten MU, masa depan Maguire di Manchester United tampaknya tidak pasti karena ia berjuang selama beberapa menit di bawah Erik ten Hag.

-Wesley Fofana (Leicester ke Chelsea)

Wesley Fofana pindah dari Leicester ke Chelsea pada Agustus 2022 senilai 80 juta poundsterling. Bek tengah Prancis itu tiba di musim panas setelah Antonio Rudiger dan Andreas Christensen masing-masing pergi ke Real Madrid dan Barcelona. Ia hanya bermain empat kali untuk klub barunya dengan cedera lutut. Hal itu juga membuat Chelsea untuk membeli Badiashile pada Januari. Demikian mengutip Mirror.


6.Antony (Ajax ke Manchester United)

Foto: Ganasnya Trio Brasil saat MU Bungkam Reading di Babak Keempat Piala FA 2022 / 2023
Trio Brasil menjadi penentu kemenangan 3-1 Manchester United atas Reading dalam babak keempat Piala FA 2022/2023 di Old Trafford Stadium, Minggu (29/1/2023) dini hari WIB. Ketiganya bahu membahu dan berkontribusi atas terciptanya ketiga gol Setan Merah. Casemiro mampu menyumbang dua gol, Fred satu gol dan satu assist, sementara Antony berjasa memmberi assist bagi gol pertama Casemiro. (AFP/Oli Scarff)

Ajax pindah ke Manchester United pada 2022 dari Ajax dengan nilai 82 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,47 triliun. MU mengejar Antony selama berbulan-bulan sebelumnya akhirnya mengikat dengan kontrak, Ajax bermain keras dengan biaya pemain sayap Brasilnya, demikian mengutip FourFourTwo. Akhirnya biaya mencapai 80,75 juta pound sterling dengan 4,25 juta pound sterling tersedia sebagai tambahan.

Ia belum membuktikan nilai penuh untuk Erik ten Hag dan Manchester United saat ini, tetapi menunjukkan sekilas kualitas yang tidak diragukan lagi setiap minggu. Masih pada awal usia 20-an, Antony tentu memilih banyak potensi untuk berkembang. Sebuah gol pada debutnya melawan Arsenal tidak diragukan lagi akan membantu.

5.Mykhailo Mudryk (Shakthar Donetsk ke Chelsea)

Mudryk pindah ke Chelsea dari Shakthar Donetsk pada 2023 dengan nilai 89 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,59 triliun. Mengutip FourFourTwo, mungkin ini pencurian transfer terbesar dalam sejarah, Arsenal terlihat berada di posisi depan untuk kontrak Mudryk pada awal Januari 2023.

Sampai Chelsea menggigit dan meledakkan dengan tawaran jauh lebih baik. Ia awalnya menelan biaya 62 juta pound sterling dari Chelsea dengan 26,5 juta pound sterling ditambahkan ke sosoknya oleh Mudryk oleh Shakhtar Donetsk dan klausul yang sangat dapat dicapai dalam kontrak 7,5 tahun.


4.Paul Pogba (Juventus ke Manchester United)

Paul Pogba
Gelandang Juventus, Paul Pogba, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Genoa pada laga Serie A di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Minggu (20/9/2015). Musim lalu, Pogba, sukses mengantar Juve juara Serie A. (AFP/Marco Bertorello)

Paul Pogba pindah dari Juventus ke Manchester United pada 2016 dengan nilai 89 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,59 triliun. Mengutip Mirror, reuni lain dengan mantan klub yang tidak berjalan sesuai rencana. Reputasi Pogba sebagai salah satu gelandang terbaik di Eropa tidak meningkat selama waktunya Old Trafford karena terlalu sering berada di lapangan. Pemain internasional Prancis itu kembali ke Juventus dengan status bebas transfer pada musim panas 2022.

3.Romelu Lukaku (Inter Milan ke Chelsea)

Romelu Lukaku pindah dari Inter Milan ke Chelsea pada 2021 dengan nilai 97 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,74 triliun. Mengutip FourFourTwo, Lukaku bergabung kembali dengan Chelsea dengan biaya besar pada musim panas 2021, setelah dua tahun yang luar biasa di Italia bersama Inter Milan. Namun, pemain Belgia itu berjuang untuk memenuhi harga dan akhirnya pindah kembali ke Inter Milan dengan status pinjaman selama satu musim.

Keluhan di pertengahan musim jelas tidak membantu perjuangannya, sementara wawancara yang dilakukan media Italia memastikan mantan bos Chelsea Thomas Tuchel mencoretnya dari regu, melihat Lukaku jatuh dari urutan kekuasaan.

Biaya 97,5 juta pound sterling dari rekor transfer Inggris, tetapi menjadikan striker itu pemain dengan total nilai transfer terbesar sepanjang masa, karena gabungan 290 juta pound sterling telah dihabiskan untuknya oleh berbagai klub selama bertahun-tahun.

2.Jack Grealish (Aston Villa ke Manchester City)

Jack Grealish pindah dari Aston Villa ke Manchester City pada 2021 dengan nilai 100 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,79 triliun. Mengutip Mirror, Grealish tidak lagi berada di posisi teratas. Juara Liga Inggris memilih memperkuat skuad lebih jauh dengan akuisisi penyerang Villa yang membantu mereka mempertahankan gelarnya tetapi tidak memenuhi harganya di Stadion Etihad.


1.Enzo Fernandez (Benfica ke Chelsea)

Penampilan Impresif Enzo Fernandez dalam Debut Bersama Chelsea
Pemain Chelsea Enzo Fernandez mengontrol bola saat malawan Fulham pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, 3 Februari 2023. Selama pertandingan, Enzo Fernandez ikut membantu serangan secara signifikan dan hampir mencetak gol ke gawang Fulham dengan tendangan jarak jauh. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Enzo Fernandez pindah ke Chelsea dari Benfica pada 2023 dengan nilai 106,8 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,91 triliun. Mengutip FourFourTwo, setelah saga transfer yang berlarut-larut pada Januari 2023, Chealsea akhirnya memenuhi klausul rilis Benfica 107 juta pound sterling yang dimasukkan dalam kontrak Fernandez. Ia pindah ke Stamford Bridge hanya enam bulan setelah bergabung dengan raksasa Portugal 15 juta pound sterling dari River Plate.

Ia unggul di Piala Dunia Bersama Argentina memenangkan turnamen dan penghargaan bersama the Young Player award. Fernandez dapat kembali menjadi katalis untuk membentuk peruntungan kembali Chelsea.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya