Menhub: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Lewat Jalur Selatan Jawa

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan rencana penerusan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga ke Surabaya melewati jalur selatan Jawa

oleh Ilyas Istianur PradityaMaulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 14 Sep 2023, 14:12 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2023, 14:12 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bisa dilakukan pada awal Oktober 2023 mendatang.
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bisa dilakukan pada awal Oktober 2023 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan rencana penerusan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga ke Surabaya melewati jalur selatan masih sebatas ide.

Nantinya akan dibuat studi lanjutan terkait proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya via jalur selatan, yang bertujuan untuk menumbuhkan titik-titik ekonomi di Selatan Jawa.

"Baru ide. Iya, nanti dalam studi (dikaji agar Kereta Cepat Jakarta Surabaya mampu menumbuhkan ekonomi di daerah selatan Jawa)," ujar Menhub Budi Karya Sumadi di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (14/9/2023).

"Kecenderungannya kita lewat selatan. Tapi tentu itu didasarkan suatu studi. Studinya tuh baru akan dibuat. Jadi belum fix kota-kotanya, tapi kecenderungannya selatan," ungkap Menhub.

Pernyataan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sempat memberikan sedikit bocoran mengenai proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Senada yang diutarakan Menhub, RI 1 menjelaskan, rencana pembangunan proyek transportasi Kereta Cepat Jakarta-Surabaya masih dalam studi dan dikalkulasi secara lebih rinci, termasuk penentuan rute.

"Kalau yang ke Surabaya masih dalam studi, masih dalam kalkulasi, juga penentuan trasenya di sebelah mana baru dalam studi semuanya," kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku belum bisa menjawab secara rinci karena perencanaan termasuk studi dan perhitungan terkait pembangunan belum selesai dilakukan.

Namun demikian, Presiden menjelaskan bahwa trayek kereta cepat Jakarta-Surabaya akan melintasi rute kereta cepat Jakarta-Bandung untuk menumbuhkan titik ekonomi baru di sepanjang lintasan selatan Jawa.

"Ini untuk Jawa bagian selatan. Kalau Jawa utara kan sudah jalan tol. Buat menumbuhkan titik-titik ekonomi baru," ujar Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Sudah Perintahkan Menko Luhut Bangun Kereta Cepat Jakarta Surabaya

Kereta Cepat Jakarta Bandung
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bisa dilakukan pada awal Oktober 2023 mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan instruksi kepada jajarannya untuk melanjutkan proyek Kereta Cepat hingga ke Surabaya.

Arahan itu diberikannya saat Jokowi menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari Stasiun Halim ke Stasiun Tegalluar pada Rabu (13/9/2023) pagi.

Namun, Luhut menambahkan, perpanjangan proyek Kereta Cepat Jakarta Surabaya sejauh ini masih dalam proses studi.

"Memang Presiden tadi kasih instruksi, kita mulai bikin studi tadi sampai ke Surabaya. Jadi itu akan mempercepat bisnis dari kota ke kota," ujar Menko Luhut dalam acara Digi-Talk Fest di Ritz Carlton Mega Kuningan Hotel, Jakarta, Rabu (13/9/2023).

 


Jokowi Terkesan

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi meresmikan Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Dukuh Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan Rabu (13/9/2023).
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi meresmikan Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Dukuh Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan Rabu (13/9/2023). (Liputan6.com/ Winda Nelfira)

Luhut mengaku, Jokowi terkesan saat mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Pasalnya, waktu tempuh dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang bisa dipangkas hingga kurang dari setengah jam.

"Tadi kita lari 350 km per jam. Jadi sampai di Padalarang itu cuman 20 menit dari Jakarta. Presiden sangat puas dengan itu," kata Luhut.

Oleh karenanya, Luhut memastikan nantinya masyarakat juga bisa ikut serta menaiki Kereta Cepat Jakarta Bandung. Sama seperti yang diutarakan Jokowi, ia menargetkan uji coba itu mulai dibuka pada Oktober 2023 mendatang.

"Itu juga masih dibuka kesempatan bapak/ibu nyoba, kalau enggak keliru nanti bulan Oktober sebelum nanti resmi Kereta Cepat," pungkas Menko Luhut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya