Jasa Marga Sewa Konsultan Jepang untuk Pecahkan Macet Ibukota

PT Jasa Marga menggandeng PT Pacific Consultant International untuk mengerjakan desain atau gambar dari proyek anti kemacetan ibukota.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 23 Jul 2013, 11:40 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2013, 11:40 WIB
jasamarga-macet-130723b.jpg
PT Jasa Marga Tbk memastikan tetap menawarkan tiga opsi kepada pemerintah untuk mengatasi kemacetan di kawasan Ibukota. Opsi tersebut adalah pembangunan jalan layang baru dari Cawang ke Semanggi, underpass di Kuningan dan pelebaran jembatan Tomang.

"Opsi masih tetap di tiga titik tersebut," ujar Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman di Jakarta, Senin (22/7/2013).

Dia mengatakan, saat ini PT Pacific Consultant International (PCI) tengah mengerjakan desain atau gambar dari proyek tersebut. PCI merupakan perusahaan konsultas asal Jepang yang ditunjuk emiten berkode JSMR ini untuk membuat opsi mengurai kemacetan di Jakarta.

"Desainnya dulu, kalau surat mah gampang besok juga bisa. Desainnya saja butuh waktu 2-3 bulan," tutur dia.

Setelah desain proyek rampung, kata Adityawarman, tahap selanjutnya adalah proses tender atau lelang proyek. "Kalau sudah selesai desainnya, baru proses lelang," ucapnya.

Jasa Marga sebelumnya menyatakan PCI akan menyerahkan proposal solusi kemacetan Jakarta dan selanjutnya, perseroan akan menawarkan proposal tersebut kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Penambahan jalan baru di Jakarta harus segera direalisasikan sebab dalam beberapa tahun mendatang jalan-jalan di Ibukota bakal lumpuh total akibat bertambahnya jumlah kendaraan dan terbatasnya infrastruktur jalan raya.(Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya