Iberia Dominasi Europa League

Valencia, Athletic Bilbao, dan Atletico Madrid lolos ke semifinal Europa League. Satu tempat lainnya diisi wakil Portugal, Sporting Lisbon. Bukti kompetisi kasta kedua menjadi milik klub semenanjung Iberia.

oleh Liputan6 diperbarui 06 Apr 2012, 04:11 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2012, 04:11 WIB
img_pablo-120406.jpg
Valencia's midfielder Pablo Hernandez Dominguez celebrates during the UEFA Europa League quarter-final second leg football match between Valencia and AZ Alkmaar on April 5, 2012 at the Mestalla stadium in Valencia. AFP PHOTO / Jaime REINA
Liputan6.com, Valencia: Tiga klub La Liga, masing-masing Valencia, Athletic Bilbao, dan Atletico Madrid, berhasil meraih tiket ke semifinal Europa League usai mengalahkan lawan-lawannya di fase perempat final. Satu tempat lainnya di putaran empat besar diisi wakil Liga Primeira Portugal, Sporting Lisbon. Dengan demikian, kompetisi kasta kedua di Benua Biru di musim ini menjadi milik klub-klub yang berasal dari semenanjung Iberia.

Di leg kedua perempat final yang berlangsung serentak pada Kamis (5/4) malam waktu setempat atau Jumat (6/4) dinihari WIB, di Mestalla Stadium, Los Che yang kalah 1-2 dari AZ Alkmaar di leg pertama pekan lalu, mengamuk dan menjebol gawang klub Eredivisie Belanda itu sebanyak empat kali. Dua gol di antaranya diborong bek tengah asal Prancis Adil Rami dalam waktu dua menit (menit ke-15 dan ke-17). Dua gol lainnya dicetak winger Jordi Alba di menit ke-56 dan Pablo Hernandez di menit ke-80.

Dengan demikian, Valencia unggul agregat 5-2 dan lolos ke semifinal untuk bertemu dengan wakil La Liga lainnya Atletico Madrid yang mengalahkan wakil Bundesliga Hannover 96. Setelah unggul 2-1 di leg pertama yang berlangsung di kandang sendiri Vicente Calderon, Los Rojiblancos kembali memetik hasil yang sama saat bertandang ke AWD-Arena berkat gol Adrian Lopez dan Radamel Falcao.

Athletic Bilbao memastikan dominasi Spanyol usai menahan imbang Schalke 04 2-2 (1-1) di San Mames Stadium. Die Knappen sempat unggul dua kali melalui gol-gol yang dicetak Klaas-Jan Huntelaar di menit ke-29 dan Raul Gonzalez di menit ke-52. Namun, Los Leones mampu dua kali menyeimbangkan kedudukan melalui gol Ibai Gomez di menit ke-41 dan Markel Susaeta di menit ke-55.

Walhasil, dengan demikian, Athletic unggul agregat 6-4 menyusul kemenangan 4-2 di kandang Schalke pekan lalu. Di semifinal, skuad asuhan Marcelo Bielsa akan berhadapan dengan Sporting Lisbon yang mampu memaksa tuan rumah Metalist Kharkiv bermain imbang 1-1 (1-0) di Metalist Stadium. Sporting lolos dengan keunggulan agregat 3-2 karena meraih kemenangan 2-1 di kandang sendiri, Estadio Jose Avalade, pekan lalu.(MEG/Soccernet)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya