Piala Dunia U-17 2023: Timnas Korea Selatan Dapat Dukungan dari Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Korea Selatan Byun Sung-hwan mengeklaim skuadnya mendapat dukungan dari juru taktik Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat melakoni ajang Piala Dunia U-17 2023 di Tanah Air.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 12 Nov 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2023, 16:00 WIB
Timnas Indonesia U-17 vs Timnas Ekuador U-17: Grup A Piala Dunia U-17 2023
Selain ikut menyaksikan laga Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, pelatih kepala timnas senior, Shin Tae-yong (kiri) kabarnya juga member support untuk Korea Selatan yang ikut memanaskan persaingan di ajang FIFA U-17 World Cup. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Korea Selatan Byun Sung-hwan mengeklaim skuadnya mendapat dukungan dari juru taktik Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat melakoni ajang Piala Dunia U-17 2023 di Tanah Air.

Sebagaimana diketahui, negeri ginseng memang menjadi satu dari 24 negara peserta yang memanaskan persaingan di kompetisi FIFA U-17 World Cup edisi ini.

Skuad racikan Byun Sung-hwan tergabung dalam grup E, sehingga harus bersaing dengan Prancis, Amerika Serikat, dan Burkina Faso demi mengamankan tiket menuju babak selanjutnya.

Adapun Timnas Korea Selatan U-17 sendiri baru dijadwalkan melakoni laga perdananya kontra Amerika Serikat di Jakarta International Stadium pada Minggu (12/11/2023) mulai pukul 19.00 WIB.

Jelang memulai persaingan di Piala Dunia U-17 2023, Byun Sung-hwan mengaku ia dan anak-anak asuhnya memperoleh support dari Shin Tae-yong yang kini menduduki jabatan pelatih di Timnas Indonesia.

Juru taktik berusia 43 tahun tersebut emang diketahui kenal dekat dengan Shin Tae-yong. Hal ini lantaran dia pernah menjadi anak asuh eks pelatih Timnas Korea Selatan saat masih berkarier di Seongnam Ilhwa Chunma.

"Coach Shin, dia mendukung kami, tetapi dia juga menonton (pertandingan) Timnas Indonesia," ujar Byun Sung-hwan saat ditemui awak media dalam sesi latihan Timnas Korea Selatan U-17 di Lapangan A Jakarta International Stadium pada Sabtu (11/11/2023).


Doakan Kesuksesan STY dan Timnas Indonesia

Kualifikasi Putaran Pertama Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

Layaknya Shin Tae-yong, Byun Sung-hwan juga tak ketinggalan memberi dukungan bagi sang pelatih yang akan mengantar Timnas Indonesia berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad Garuda memang dijadwalkan bertandang ke markas Irak dan Filipina untuk melakoni kualifikasi putaran kedua pertengahan bulan ini. Byun Sung-hwan pun berharap STY bisa memperoleh hasil apik. Ia juga mendoakan yang terbaik untuk Timnas Indonesia di agenda tersebut.

"Saya dengar, sekarang dia (Shin Tae-yong) mempersiapkan tim untuk Kualifikasi Piala Dunia. Saya harap dia dapat hasil bagus, dan tentu untuk Timnas Indonesia juga," tutur Byun Sung-hwan kepada awak media.


Shin Tae-yong Sudah Pilih Pemain

Foto: Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Jelang Lawan Brunei untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah) memimpin latihan menjelang laga leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Brunei Darussalam di Lapangan A Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (09/10/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sekadar informasi, Shin Tae-yong sebelumnya telah memilih pemain yang akan dibawa untuk melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina. Total 27 penggawa dipanggil oleh juru taktik asal Korea Selatan, minus Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan yang tengah cedera.

Sebagai gantinya, STY mendatangkan gelandang Adam Alis dari Borneo FC. Pemain lain yang kembali dipanggil setelah absen lama membela timnas Indonesia adalah Muhammad Riyandi (Persis Solo) dan Andy Setyo asal Persikabo 1973.

Sementara itu, pemain-pemain yang berkiprah di luar negeri seperti Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim FC), Shayne Pattynama (Viking FK), Saddil Ramdani (Sabah FC), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Elkan Baggott (Ipswich Town) masih tetap menghiasi skuad Garuda.

Ada pula pemain dari klub-klub lokal seperti Persib Bandung, Dewa United, Persis Solo, Persija Jakarta, PSM Makassaar, dan Persikabo yang turut diberi kesempatan memperkuat Skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Infografis Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 Grup A-F
Infografis Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 Grup A-F (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya