BRI Liga 1 2024/2025 Segera Bergulir, Erick Thohir Pastikan PSSI dan Klub Sudah Sepakat soal Agenda Timnas

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan pihaknya telah bersepakat dengan klub terkait jadwal dan pemanggilan pemain untuk Timnas Indonesia jelang bergulirnya kompetisi BRI Liga 1 2024/2025.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 07 Agu 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 06:00 WIB
BRI Kembali Jadi Sponsor Utama Liga 1 Indonesia Musim 2024-2025
Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir memastikan pihaknya sudah bersepakat dengan klub-klub BRI Liga 1 terkait pemanggilan pemain dan jadwal pertandingan Timnas Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan pihaknya telah bersepakat dengan klub terkait jadwal dan pemanggilan pemain untuk Timnas Indonesia jelang bergulirnya kompetisi BRI Liga 1 2024/2025.

Pria yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu menyebut sudah ada payung regulasi terkait hal ini demi mencegah adanya 'drama' ketika pemain klub-klub liga dalam negeri diminta membela tim nasional di ajang internasional.

Seperti diketahui, perihal pemanggilan penggawa untuk skuad Garuda memang sempat menjadi polemik di musim sebelumnya. Hal itu menyusul adanya benturan jadwal timnas dan liga, yang menyebabkan sejumlah klub tak rela melepas pemainnya lantaran masih membutuhkan tenaga mereka untuk mengarungi kompetisi.

Hal itu dikhawatirkan kembali terulang saat Liga 1 musim 2025/2025. Pasalnya, Timnas Indonesia sudah dinanti jadwal padat dalam waktu dekat, mulai dari putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang bergulir September hingga Piala AFF 2024 akhir tahun ini.

Menanggapi hal itu, Erick Thohir selaku Ketum PSSI pun menyiratkan kejadian serupa kemungkinan kecil terulang di masa depan. Sebabnya, PSSI dan klub-klub Liga 1 telah menyepakati kalender kompetisi yang disinkronkan dengan ajang-ajang prioritas Timnas Indonesia.

"Kesepakatan dengan liga dan seluruh klub itu ada payung aturannya. Semua klub, pelatih menandatangani. Ketika timnas memanggil, harus dilepas. Tetapi kan kita juga hidup bertetangga, satu rumah, makanya kita buat aturan kalender terpenting, disepakati sudah 3 tahun," beber Erick Thohir kala menghadiri konferensi pers BRI Liga 1 2024/2025 di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024) sore WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Atur Jadwal Besar Timnas

Justin Hubner - Timnas Jepang Vs Timnas Indonesia di Piala Asia 2023
Justin Hubner (25) berduel dengan gelandang Timnas Jepang, Reo Hatate dalam laga Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024) malam WIB di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar. (AFP/Hector Retamal)

Secara spesifik, PSSI telah menentukan sejumlah agenda yang menjadi priortas tim nasional, sehingga mengharapkan kerja sama liga untuk tak bergulir sementara waktu.

Beberapa di antaranya meliputi putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia serta SEA Games. Sementara itu untuk Piala AFF senior, liga akan tetap bergulir. Demikian pula dengan agenda-agenda U-17 dan U-19, meski timnas akan tetap memanggil sejumlah pemain potensial klub demi memberi pengalaman bertanding di panggung internasional.

"Kita sudah atur jadwal-jadwal besarnya, itu di round 3 (Kualifkasi Piala Dunia 2026) sudah pasti berhenti. Liga bahkan mendukung timnas sejak H-4," ujar Erick Thohir.

"Untuk AFF, liga tidak berhenti. SEA Games berhenti. Lalu untuk U-17, saya rasa klub justru harus berterima kasih ketika pemain-pemain mudanya dimainkan, melawan negara-negara besar. U-19 juga sama, kapan lagi kalian punya pemain muda bisa main lawan Korea, kemudian kemarin di Touloun lawan tim-tim besar."

"Saya rasa ini saling mengisi, jadi tidak siapa yang menang atau kalah karena ini merupakan suatu kesatuan, supaya bisa menghasilkan pemain berkualitas yang berkontribusi baik ke timnas maupun ke klubnya sendiri," tandas Ketum PSSI.


BRI Liga 1 2024/2025 Bergulir Mulai 9 Agustus

BRI Kembali Jadi Sponsor Utama Liga 1 Indonesia Musim 2024-2025
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus bersama Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Catur Budi Harto dan Direktur Surya Citra Media (SCM) Harsiwi Achmad (kiri ke kanan) usai memberikan keterangan terkait penyelenggaraan BRI Liga 1 Indonesia musim 2024-2025 di di Auditorium Brilian Center BRI, Jakarta, Selasa (6/8/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sekadar informasi, kompetisi BRI Liga 1 2024/2025 dijadwalkan bergulir mulai 9 Agustus 2024. Duel Persib Bandung melawan PSBS Biak yang dihelat di Stadion Si Jalak Harupat pada pukul 19.00 WIB akan menandai laga pembuka.

BRI kembali mengukuhkan komitmen sebagai titel sponsor di ajang sepak bola kasta tertinggi Tanah Air musim ini. Musim 2024/2025 menandai kali keempat BRI menjadi sponsor utama untuk ajang Liga 1.

Sementara itu Emtek Grup tetap dipercaya sebagai official broadcaster BRI Liga 2024/2025. Total 306 pertandingan akan ditayangkan melalui Indosiar dan Vidio, dengan 238 laga tersaji di kedua platform, sementara 68 sisanya eksklusif hadir di Vidio.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya