Kreatif, Ubah Botol-botol Bekas Menjadi Seni yang Memukau

Coba kita hitung berapa banyak penggunaan botol plastik dalam sehari?

oleh Liputan6 diperbarui 09 Apr 2015, 11:16 WIB
Diterbitkan 09 Apr 2015, 11:16 WIB
Seni Memukau Ini Berasal dari Botol Plastik Bekas
Coba kita hitung berapa banyak penggunaan botol plastik dalam sehari?

Citizen6, Jakarta Coba kita hitung berapa banyak penggunaan botol plastik dalam sehari? Ya kadang kita tidak sadar telah menggunakan beberapa botol plastik dalam sehari dan membuangnya begitu saja. Namun, ada juga orang-orang yang menggunakan limbah botol plastik untuk di daur ulang menjadi benda yang bisa digunakan kembali.

Nah, seorang perempuan asal Republik Ceko bernama Veronika Richterová mengubah botol plastik menjadi seni. Ide ini berasal setelah Richterová secara kebetulan menemukan bahwa botol plastik bisa berubah bentuk karena panas. “Saya memiliki ide yang bisa disebut PET-art. Sejak tahun 2004 saya telah menggunakan ribuan botol dan telah menciptakan ratusan benda,” tulis Richterová di websitenya.

Coba kita hitung berapa banyak penggunaan botol plastik dalam sehari?


Benda-benda yang dihasilkan Richterová dari botol plastik yaitu berupa kaktus, bunga, dan berbagai jenis binatang. Warna-warna botol plastik dari berbagai merek minuman tersebut semakin membuat Richterová memiliki banyak pilihan untuk merealisasikan karyanya.

Melalui ide PET-art, tentu Richterová memerlukan berbagai macam dan bentuk botol plastik. Tak lama setelahnya, Richterová mulai menyadari bahwa bermacam-macam botol plastik telah berubah sangat cepat. Bahkan beberapa model favorit miliknya tiba-tiba menghilang dan muncul model lain.

Coba kita hitung berapa banyak penggunaan botol plastik dalam sehari?

“Menjadi jelas bahwa saya perlu untuk melestarikan benda-benda yang tampaknya tidak berharga dan singkat untuk masa depan sebagai bentuk dari perjalanan waktu,” jelas Richterová.

Maka sejak 2007, bersama suaminya, Michal Cihlář, dia membuat museum botol plastik dengan dukungan dari orang-orang di seluruh dunia. Saat ini seperti tertulis di veronikarichterova.com, koleksinya sudah mencapai 3000 botol plastik dari 76 negara.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya