8 Hal Kecil yang Bisa Menyelamatkanmu dari Bencana

Bencana sering kali terjadi tanpa ada peringatan sehingga kesiapsiagaan kita dalam menghadapinya mutlat diperlukan.

oleh Liputan6 diperbarui 02 Okt 2016, 18:00 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2016, 18:00 WIB
8 Hal Kecil yang Bisa Menyelamatkanmu dari Bencana
8 Hal Kecil yang Bisa Menyelamatkanmu dari Bencana

Liputan6.com, Jakarta Bencana sering kali terjadi tanpa ada peringatan sehingga kesiapsiagaan kita dalam menghadapinya mutlat diperlukan. Dapat beberapa artikel sebelumnya, saya pernah menjelaskan tentang bagaimana agar selamat dari Gempa Bumi, selamat dari gunung meletus, selamat dari Banjir, selamat dari kebakaran, dan berbagai bencana alam lainnya.

Pada kesempatan kali ini saya ingin merangkum, kira apa hal kecil yang harus kita miliki agar kita bisa selamat dari berbagai macam bencana? Berikut ini saya jelaskan ke-8 hal kecil yang harus kita miliki kalau kita ingin selamat;

1. Mempersiapkan Tas Siaga Bencana

Tas siaga bencana merupakan sebuah tas kita siapkan untuk menghadapi keadaan darurat. Dalam tas tersebut kita mengisi segala sesuatu yang kita anggap penting demi kelangsungan hidup kita setelah bencana.

Misalnya saja, untuk kelangsungan hidup kita beberapa hari setelah bencana, dalam tas siaga bencana akan kita masukan air mineral, biskuit tinggi protein, selimut darurat aluminium, dan beberapa peralatan surviving lainnya.

Untuk keberlangsungan hidup kita jangka panjang setelah bencana, tentu saja kita harus memasukan surat-surat penting kedalam tas siaga bencana. surat tanah, buku tabungan, ijazah, dan surat-surat penting lain.

Untuk mengetahui bagaimana merancang tas siaga bencana, silahkan baca artikel saya “Mengenal dan Merancang Tas Siaga Bencana”

Selengkapnya

Pengirim: Ibnu Rusydy Twitter: @melek_bencana

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya